Berita Tak Ada yang Bisa Halangi Persahabatan Kita

by
Jakarta, Pahami.id

Presiden Rusia Vladimir Putin bertemu dengan Putra Mahkota dan Perdana Menteri Arab Saudi Muhammad bin Salman (MBS) pada Rabu (12/6) usai mengunjungi Uni Emirat Arab (UEA).

Dalam pertemuan tersebut, Putin terlihat berjabat tangan dengan penguasa de facto Arab Saudi sambil menekankan eratnya persahabatan kedua negara.


“Tidak ada yang bisa menghentikan perkembangan hubungan persahabatan kami,” kata Putin kepada MbS, seperti dikutip AFPKamis (12/7).

Putin mengatakan pertemuannya dengan MbS merupakan langkah penting untuk membahas situasi terkini di Timur Tengah.

“Sangat penting bagi kita semua untuk bertukar informasi dan penilaian dengan Anda mengenai apa yang terjadi di kawasan. Pertemuan kita tentu tepat waktu,” kata Putin.

Sementara itu, MbS mengatakan kerja sama bilateral antara Arab Saudi dan Rusia telah “membantu menghilangkan banyak ketegangan di Timur Tengah dan berkontribusi pada peningkatan keamanan.”

MbS kemudian menegaskan, Arab Saudi akan terus menjalin kerja sama di masa depan.

Ini merupakan kunjungan ketiga Putin ke luar Rusia sejak Kremlin melancarkan invasi ke Ukraina pada Februari 2022. Perjalanan ke Timur Tengah tersebut dilakukan setelah Putin mengunjungi Iran dan China.

Kunjungan luar negeri Putin sendiri merupakan salah satu upaya Rusia untuk mengukuhkan posisinya di kancah global dan meningkatkan pengaruhnya di Timur Tengah.

Dalam pertemuannya dengan MbS, Putin bahkan mengundang langsung Putra Mahkota untuk datang ke Moskow.

Kremlin mengatakan kedua pemimpin bertemu untuk membahas berbagai isu, mulai dari pasar minyak hingga cara mendorong pengurangan perang di Gaza.

Bersambung di halaman berikutnya…


!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);