Berita Suku Betawi Sodorkan 5 Nama untuk Pilkada Jakarta

by


Jakarta, Pahami.id

Dewan Suku (Bamus). Betawi Tahun 1982 mengajukan lima nama calon gubernur dan wakil gubernur Jakarta ke partai politik untuk Pilkada 2024.

Nama-nama yang diusulkan antara lain Marullah Matali, Lutfi Hakim, Zainuddin, Dailami Firdaus, dan Moh. Ihsan. Nama-nama itu akan diusulkan ke pimpinan parpol, kata Ketua Umum Suku Betawi 1982 Bamus, Zainuddin, dalam keterangannya. dilaporkan di antara.


Marullah Matali adalah Wakil Gubernur DKI Jakarta bidang Kebudayaan dan Pariwisata, Lutfi Hakim Ketua Umum FBR, Dailami Firdaus kini menjadi anggota DPD RI Daerah Pemilihan Jakarta, Moch Ihsan Ketua Umum FORKABI dan Zainuddin. tak lain adalah Panglima Jenderal Bamus Suku Betawi 1982.

Zainuddin mengatakan, usulan suku Betawi yang kini berjumlah sekitar 7 juta jiwa ini perlu dipertimbangkan demi keberlangsungan peradaban Betawi yang telah ada selama 3.000 tahun terakhir.

Suku Betawi dalam sistem demokrasi Indonesia disebut-sebut mempunyai peran yang sangat menentukan dalam pemilu presiden, pemilu legislatif, dan pemilu daerah.

Hal ini semakin relevan, setelah berlakunya Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2024 tentang Daerah Khusus Ibukota (DKJ) yang menegaskan kedudukan suku Betawi sebagai Putra Asli Kabupaten, dan menempatkan kebudayaan Betawi sebagai prioritas. , bersama suku-suku lain yang tinggal di Jakarta,” ujarnya.

Zainuddin juga mengatakan, melalui usulan ini diharapkan suku Betawi semakin berperan dalam menentukan arah Jakarta ke depan dan memastikan budaya dan nilai-nilai Betawi tetap dilestarikan dan dihormati dalam setiap aspek kehidupan.

(biaya)