Berita Singapura Akui Beri ‘Subsidi’ Demi Jemput Taylor Swift Konser

by


Jakarta, Pahami.id

Singapura mengatakan pihaknya memang menyediakan ‘dana hibah’ untuk membantu membujuk Taylor Swift untuk mengadakan konser tur dunianya, The Eras Tour, di negara-kota tersebut.

Singapura menjadi satu-satunya negara di Asia Tenggara yang dikunjungi penyanyi asal Amerika Serikat itu dalam tur dunianya kali ini.


Dalam pernyataan bersama, Kementerian Kebudayaan dan Badan Pariwisata Singapura menyatakan pemerintah telah bekerja sama langsung dengan penyelenggara konser Taylor Swift.

Meski begitu, Singapura menolak membeberkan besaran dana “subsidi” yang dikeluarkan untuk mendatangkan Taylor Swift konser di negaranya dengan alasan kerahasiaan bisnis.

Pernyataan itu juga tidak menyebutkan apakah kesepakatan eksklusif ini sudah tercapai atau belum.

Sebelumnya, Thailand menuding Singapura melakukan trik untuk mendatangkan Taylor Swift konser di negaranya.

Perdana Menteri Thailand Srettha Thavisin pekan lalu bahkan menuding negara tetangganya membuat kesepakatan eksklusif agar Taylor Swift hanya tampil di Singapura dan bukan di negara Asia Tenggara lainnya.

Sementara itu, dalam pernyataannya, Kementerian Kebudayaan dan Singapore Tourism Board tidak secara langsung merujuk pada klaim tersebut.

Namun, kementerian mengatakan bahwa konser Taylor Swift “kemungkinan akan memberikan manfaat yang signifikan bagi perekonomian Singapura.”

Di sisi lain, seorang pengusaha senior di bisnis hiburan yang enggan disebutkan namanya mengatakan, penawaran eksklusif semacam itu “bukan praktik yang aneh”. Namun, dia mengatakan tidak biasa jika seorang artis menyetujui permintaan seperti itu.”

“Beberapa promotor besar mungkin mempunyai pengaruh lebih besar,” kata pengusaha itu AFP.

Sejak mengakhiri pembatasan pandemi, Singapura telah menarik banyak artis internasional, termasuk Blackpink, Harry Styles, Ed Sheeran, dan Coldplay untuk tampil di negara tersebut.

Di Singapura, Taylor Swift sendiri akan menggelar konser enam hari di National Stadium Singapura pada awal Maret mendatang. Konser ini sudah terjual habis dan diperkirakan akan dihadiri lebih dari 300.000 penggemar.

Setelah Singapura, Taylor Swift akan berangkat ke Eropa untuk melanjutkan turnya yang diperkirakan menghasilkan pendapatan US$2 miliar.

(rds)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);