Berita Serang Konvoi Bantuan Gaza, AS Sanksi Kelompok Ekstremis Israel

by


Jakarta, Pahami.id

Amerika Serikat menjatuhkan sanksi terhadap kelompok ekstremis IsraelTzav 9, karena menghalangi dan merusak konvoi bantuan kemanusiaan ke Jalur Gaza, Palestina.

Tzav 9 adalah kelompok yang bertujuan untuk mencegah bantuan apa pun masuk ke Gaza. AS menuduh kelompok itu menjarah dan membakar truk bantuan.

“Bantuan kemanusiaan sangat penting untuk mencegah krisis kemanusiaan di Gaza semakin parah dan mengurangi risiko kelaparan,” kata Departemen Luar Negeri AS dalam sebuah pernyataan, mengutip Al JazeeraSabtu (15/6).


“Pemerintah Israel bertanggung jawab untuk memastikan keselamatan dan keamanan konvoi kemanusiaan yang transit di Israel dan Tepi Barat dalam perjalanan ke Gaza. Kami tidak akan mentolerir tindakan sabotase dan kekerasan yang menargetkan bantuan kemanusiaan penting ini.”

Selama berbulan-bulan, kelompok sayap kanan Israel melancarkan protes dan memblokir jalan untuk mencegah bantuan dikirim ke Gaza. Hal ini membuat semakin sulitnya mendapatkan bantuan yang sangat dibutuhkan di wilayah tersebut.

Dalam beberapa pekan terakhir, para pengunjuk rasa meningkatkan serangan mereka terhadap konvoi, terutama ketika mereka melewati Tepi Barat yang diduduki. Bulan lalu, mereka membakar dua truk bantuan di daerah Hebron Hill, sebuah serangan yang menurut Departemen Luar Negeri AS dilakukan oleh Tzav 9.

Sanksi tersebut berupa pemblokiran aset kelompok tersebut di AS dan sebagian besar melarang warga AS melakukan transaksi dengan mereka.

Sanksi tersebut dijatuhkan berdasarkan perintah eksekutif yang dikeluarkan oleh Presiden AS Joe Biden yang menetapkan kerangka hukum bagi hukuman AS terhadap individu dan entitas yang “mengancam perdamaian, keamanan, dan stabilitas” di Tepi Barat.

Pekan lalu, pemerintahan Biden mengeluarkan perintah serupa yang menjatuhkan sanksi terhadap Lion’s Den, sebuah kelompok bersenjata Palestina.

Namun, Washington menolak seruan untuk menghukum pejabat Israel yang bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap warga Palestina di Tepi Barat, termasuk Menteri Keamanan ultranasionalis Itamar Ben-Gvir dan Menteri Keuangan Bezalel Smotrich.

Senator AS Chris Van Hollen mendesak pemerintahan Biden untuk menggunakan perintah eksekutif untuk menargetkan Smotrich.

“Dalam pandangan saya, Smotrich seharusnya diizinkan berdasarkan EO ini,” kata Van Hollen.

Smotrich telah memotong pajak karena Otoritas Palestina. Pada bulan Maret, ia juga menyatakan bahwa 800 hektar lahan di Tepi Barat adalah tanah negara Israel.

“Ada orang-orang yang pada dasarnya bertujuan untuk mengambil alih seluruh Tepi Barat,” kata Van Hollen.

Democracy for the Arab World Now (DAWN), sebuah organisasi advokasi yang merekomendasikan penerapan sanksi terhadap Tzav 9, menyambut baik larangan tersebut. Mereka juga meminta Biden untuk menargetkan entitas dan individu yang membantu mendanai dan memberdayakan kelompok tersebut.

“Pengungkapan baru-baru ini bahwa Menteri Israel Itamar Ben-Gvir memerintahkan polisi untuk mundur dan mengizinkan Tzav 9 memblokir konvoi bantuan kemanusiaan menunjukkan bagaimana strategi kelaparan yang tercela ini dikoordinasikan dari aktivis pemukim muda hingga tingkat tertinggi di dunia. Pemerintah Israel,” kata Michael Schaeffer Omer-Man, direktur penelitian Israel-Palestina di DAWN, dalam sebuah pernyataan.

“AS tidak bisa terus mengabaikan keterlibatan pemerintah Israel dalam kejahatan ini dan harus segera menerapkan sanksi terhadap Ben-Gvir.”

Aktivis hak asasi manusia juga meminta Washington untuk menekan Israel agar menghentikan agresinya terhadap Jalur Gaza.

(tim/dmi)


!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);