Berita Seperti Kembali ke Rumah Kedua

by


Jakarta, Pahami.id

Ketua Dewan Ekonomi Nasional (DEN) Luhut Binsar Pandjaitan mengaku seperti kembali ke masa saat mengikuti retret Kabinet Merah Putih di Akademi Militer (Akmil), Magelang.

Luhut pernah menimba ilmu sebagai prajurit TNI di Akademi Militer Magelang pada tahun 1970. Ia pun menilai, Presiden Prabowo Subianto yang bergabung di Akademi Militer pada tahun 1974 juga merasakan hal serupa.


Rasanya seperti kembali ke rumah kedua ketika berada di Akmil Magelang. Saya yakin perasaan yang sama juga menyelimuti Presiden @prabowo dan juga mantan perwira yang belajar di Lembah Tidar, kata Luhut di Instagram-nya, Sabtu ( 26/2). 10).

Menurutnya, banyak suka dan duka yang terjadi di Akademi Militer saat menjalani pelatihan kepemimpinan. Sebagai senior, ia menilai Prabowo adalah sosok yang taktis dan lincah.

“Karena kemampuan itu, mungkin kami sering berpasangan di setiap tugas, bedanya dulu saya senior, sekarang Pak Prabowo yang jadi pemimpin saya. Misteri kehidupan terjadi lagi dalam perjalanan hidup ini,” ujarnya.

Luhut mengungkapkan, banyak kenangan yang menjadi salah satu alasan Prabowo menggelar retret bersama para menteri dan wakil menteri di Akmil Magelang.

Tempat ini memiliki nilai sejarah dan simbolik sebagai kawah Candradimuka para perwira TNI. Kita dijalin dengan semangat kebersamaan, pengabdian, dan kesetiaan mutlak kepada bangsa dan negara, ujarnya.

“Hari ini saya mengikuti pengarahan Kabinet Merah Putih dan juga mendapat kehormatan dari Presiden Prabowo untuk bisa berbagi pengalaman Indonesia dalam menghadapi tantangan global dan domestik selama 10 tahun menjabat di pemerintahan sebelumnya. Berbagai tantangan seperti pandemi, konflik geopolitik dan krisis pangan, mengajarkan saya pentingnya tata kelola yang adaptif dan berbasis data,” lanjutnya.

(lyd/fra)