Berita Sengketa di Laut China Selatan, China Ingatkan Filipina ‘Hati-hati’

by


Jakarta, Pahami.id

Cina diperingatkan Filipina untuk “bertindak dengan hati-hati”, menyusul serangkaian insiden antara kedua negara di perairan yang disengketakan laut Cina Selatan untuk beberapa waktu sekarang.

Dalam percakapan telepon antara Menteri Luar Negeri China Wang Yi dan Menteri Luar Negeri Filipina Enrique Manalo disebutkan bahwa kedua negara “menghadapi kesulitan yang serius”.


“Wang Yi menyampaikan bahwa hubungan Tiongkok-Filipina kini menghadapi kesulitan yang serius,” demikian isi perbincangan yang dirangkum Kementerian Luar Negeri Tiongkok, seperti dikutip AFP.

“Akar masalahnya adalah Filipina mengubah kebijakannya yang sudah lama ada, mengingkari komitmennya sendiri, terus memprovokasi dan menimbulkan masalah di laut, serta meremehkan hak-hak hukum Tiongkok,” lanjut pernyataan itu.

Sementara itu, dalam pernyataan yang dikeluarkan Kementerian Luar Negeri Filipina, Manalo menggambarkan percakapannya dengan Wang Yi sebagai pembicaraan yang “terus terang”.

“Kami melakukan percakapan jujur ​​dan mengakhiri diskusi kami dengan pemahaman yang lebih jelas mengenai posisi masing-masing dalam beberapa isu,” kata Manalo dalam pernyataannya.

Sebelumnya, dalam video yang dirilis Penjaga Pantai Filipina, terlihat sebuah kapal Tiongkok menembakkan meriam air ke kapal milik Manila.

Filipina juga merilis sebuah insiden yang melibatkan dua kapal yang membawa perbekalan untuk nelayan di Scarborough Shoal dan sebuah garnisun kecil di Second Thomas Shoal.

Terjadi juga tabrakan antara kapal Filipina dan Tiongkok di Second Thomas Shoal, tempat beberapa tentara Filipina ditempatkan di kapal perang tersebut.

Bulan lalu, Presiden Filipina Ferdinand Marcos bertemu dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping di sela-sela KTT APEC di San Francisco.

Setelah pertemuan tersebut, Marcos mengatakan pada sebuah forum di Hawaii bahwa Filipina tidak akan menyerahkan “satu inci persegi wilayah kami”.

(DNA/DNA)

[Gambas:Video CNN]

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);