Berita Seharusnya Pejuang Gaza yang Menang

by

Jakarta, Pahami.id

Mereka yang selamat dari bom atom di Jepang, yang terjadi hampir delapan dekade lalu, telah memenangkan berbagai penghargaan Hadiah Nobel Perdamaian 2024, atas kampanye mereka untuk membersihkan dunia dari senjata nuklir.

Konfederasi Organisasi Penjinak Bom A dan H Jepang, umumnya dikenal sebagai Nihon Hidankyo, menerima penghargaan tersebut setahun sebelum peringatan 80 tahun pemboman Hiroshima dan Nagasaki, dan pada saat meningkatnya kekhawatiran tentang kemungkinan penggunaan senjata nuklir.

Komite Nobel menyatakan telah memutuskan untuk memberikan Hadiah Nobel Perdamaian 2024 kepada Nihon Hidankyo atas upaya mereka mencapai dunia yang bebas senjata nuklir dan untuk menunjukkan melalui kesaksian saksi bahwa senjata nuklir tidak lagi dapat digunakan.


Panitia juga menyampaikan kesaksian oleh hibakusha atau mereka yang selamat dari pemboman AS pada bulan Agustus 1945, telah membantu membangkitkan dan menyatukan penolakan luas terhadap senjata nuklir di seluruh dunia melalui kisah-kisah pribadi mereka.

Selain itu hibakusha menciptakan kampanye pendidikan berdasarkan pengalaman mereka sendiri, dan mengeluarkan peringatan mendesak terhadap penyebaran dan penggunaan senjata nuklir.

Hibakusha bantu kami menjelaskan hal-hal yang tidak dapat digambarkan, memikirkan hal-hal yang tidak terpikirkan, dan entah bagaimana memahami rasa sakit dan penderitaan yang tidak dapat dipahami yang disebabkan oleh senjata nuklir,” bunyi pernyataan Komite Nobel, seperti diberitakan Penjaga.

“Satu hari, hibakusha tidak akan lagi berada di antara kita sebagai saksi sejarah,” kata komite Nobel. “Tetapi dengan budaya ingatan yang kuat dan komitmen yang berkelanjutan, generasi baru di Jepang meneruskan pengalaman dan pesan dari para saksi.”

Beberapa orang akan melihat hadiah tersebut sebagai teguran terhadap pemerintah konservatif Jepang, yang bergantung pada payung nuklir AS untuk pertahanannya dan tidak termasuk di antara lebih dari 60 negara yang telah meratifikasi perjanjian tahun 2021 yang melarang kepemilikan dan penggunaan senjata nuklir.

“Pada saat ini dalam sejarah umat manusia, sangatlah tepat untuk mengingatkan diri kita sendiri apa itu senjata nuklir: senjata paling merusak yang pernah ada di dunia,” kata komite Nobel.

Sementara itu, Toshiyuki Mimaki, anggota Nihon Hidankyo yang juga aktivis anti-nuklir Jepang, dalam wawancara dengan Al Jazeera mengatakan, Hadiah Nobel Perdamaian 2024 harus diberikan kepada para pejuang di Gaza.

Mimaki terkejut karena Nihon Hidankyo yang memenangkan Hadiah Nobel Perdamaian, bukan orang yang bekerja untuk menghentikan perang Israel di Gaza.

“Saya pikir mereka yang berjuang keras demi perdamaian di Gaza pantas mendapatkannya,” kata Mimaki dengan penuh emosi.

“Saya tidak pernah membayangkan hal ini bisa terjadi. Mereka memilih Nihon Hidankyo? Saya rasa mereka yang berjuang keras demi perdamaian di Gaza pantas mendapatkannya,” ujarnya.

“Gambaran anak-anak di Gaza berlumuran darah yang dibawa oleh orang tuanya mengingatkan saya pada Jepang 80 tahun lalu. (Anak-anak) kehilangan ayah mereka dalam perang dan kehilangan ibu mereka karena bom nuklir. Mereka menjadi yatim piatu,” kata pria yang berusia 81 tahun itu tahun ini.

Antara 60.000 dan 80.000 orang tewas segera setelah Enola Gay, pesawat pembom B-29 AS, menjatuhkan bom nuklir berkekuatan 15 kiloton di Hiroshima pada pagi hari tanggal 6 Agustus 1945, dan jumlah korban tewas meningkat menjadi 140.000 pada akhir tahun. . Tiga hari kemudian, AS menjatuhkan bom plutonium di Nagasaki, menewaskan 74.000 orang.

Saat ini, jumlah orang yang secara resmi diakui tewas akibat pemboman tersebut adalah 344.306 orang di Hiroshima dan 198.785 orang di Nagasaki. Usia rata-rata dari 106.000 orang yang selamat adalah hampir 86 tahun, menurut kementerian kesehatan Jepang.