Berita Saudi Mengadu ke Rusia soal Agresi Israel di Palestina

by
Jakarta, Pahami.id

Menteri Luar Negeri Arab Saudi Faisal bin Farhan Al Saudi mengadu Rusia tentang agresi Israel yang semakin ganas terhadap Palestina.

Pernyataan tersebut terungkap saat Faisal dan sejumlah Menlu perwakilan Organisasi Kerjasama Islam (OKI) bertemu dengan Menlu Rusia Sergei Lavrov di Moskow, Selasa (21/11).


“Kita bisa melihat kejahatan terhadap warga sipil di Jalur Gaza menumpuk dan darah orang-orang tak bersalah mengalir,” kata Faisal, dikutip TASS.

Dia kemudian berkata, “Rumah sakit dan infrastruktur umum masih diserang. Alasan untuk membela diri tidak dapat diterima dalam tindakan seperti itu.”

Kunjungan menlu ke Rusia terjadi setelah mereka mengunjungi Tiongkok.

Kunjungan tersebut juga dilakukan usai Faisal dan beberapa Menlu OKI bertemu di Beijing, China.

Mereka adalah Menteri Luar Negeri Indonesia, Yordania, Mesir, Palestina, Turki, dan Sekjen OKI.

Kunjungan tersebut merupakan upaya menggalang dukungan bagi anggota tetap Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) agar segera melaksanakan gencatan senjata.

Kunjungan tersebut juga menindaklanjuti Resolusi Konferensi Tingkat Tinggi Luar Biasa (KTT) OKI-Liga Arab di Riyadh pada 11 November.

Salah satu poin resolusi tersebut mengamanatkan Menteri Luar Negeri Arab Saudi seperti Palestina, Yordania, Mesir, Qatar, Turki, Indonesia, Nigeria dan negara-negara berkepentingan lainnya untuk memulai tindakan internasional untuk menghentikan perang.

Resolusi tersebut juga menyerukan proses politik yang serius dan nyata demi perdamaian abadi di Palestina.

Rencananya, Dewan Keamanan PBB juga dijadwalkan akan kembali mengadakan pertemuan tingkat Menteri Luar Negeri untuk membahas masalah Gaza pada bulan ini.

Komunitas internasional telah berulang kali menyerukan gencatan senjata setelah Israel melancarkan invasi ke Gaza pada 7 Oktober. Namun hingga saat ini seruan tersebut belum terlaksana.

(isa/bac)

[Gambas:Video CNN]


!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);