Berita Saudi Bakal Operasikan Taksi Terbang Angkut Jemaah Haji-Umrah

by


Jakarta, Pahami.id

Arab Saudi akan beroperasi taksi terbang untuk mengangkut jamaah haji Dan Umroh dari Jeddah ke Mekkah.

Saudi Arabian Airlines (Saudia) dilaporkan berencana mengangkut jamaah dari Bandara Internasional King Abdulaziz di Jeddah ke hotel di Mekah.


Saudi Arabian Airlines dilaporkan akan membeli sekitar 100 pesawat untuk mengoperasikan layanan ini.

Direktur Komunikasi perusahaan yang juga juru bicara Saudia Group, Abdullah Al-Shahrani mengatakan, pihaknya kini tengah melakukan persiapan untuk menggunakan taksi terbang sebagai alat transportasi baru selama musim haji.

Al-Shahrani mengatakan Grup Saudia telah menyetujui kontrak pembelian 100 jet Lilium, pesawat lepas landas dan mendarat vertikal listrik (eVTOL) buatan Jerman.

Kendaraan tersebut dimaksudkan untuk mengangkut jamaah antara bandara Jeddah dan bandara di hotel Mekah, dekat Masjidil Haram dan tempat suci lainnya.

“Pesawat listrik Lilium adalah pesawat pertama yang beroperasi sepenuhnya dengan tenaga listrik,” kata Al-Shahrani seperti dikutip Lembaran Saudi.

“Setelah menyelesaikan urusan yang diperlukan, pesawat ini akan terbang bersama tamu Tuhan selama musim haji dan umrah,” lanjutnya kepada Al Arabiya.

Al-Shahrani mengatakan satu taksi listrik bisa mengangkut empat hingga enam penumpang. Taksi juga ramah lingkungan karena memiliki emisi karbon yang rendah.

“[Hal itu] “Yang memungkinkan perjalanan udara tetap terjaga dan mempersingkat waktu penerbangan, karena mampu menempuh jarak maksimal 250 kilometer,” ujarnya.

Al-Shahrani mengatakan, taksi terbang ini juga dilengkapi kabin unik yang menawarkan beberapa pilihan pengaturan tempat duduk. Taksi juga memiliki ruang yang luas sehingga dapat memenuhi kebutuhan para tamu elite yang mencari pengalaman perjalanan terbaik.

Menurut Al-Shahrani, Saudi Airlines akan berupaya mendukung Lilium dengan memberikan semua persetujuan peraturan yang diperlukan untuk mengoperasikan pesawat jenis ini di pasar Saudi.

“Ini merupakan langkah penting dalam rangka upaya peningkatan sektor transportasi udara di Kerajaan Arab Saudi, karena inisiatif ini akan berkontribusi signifikan dalam merangsang keberlanjutan sektor pariwisata di Kerajaan, melalui penerbangan bebas emisi,” ujarnya. dikatakan. menambahkan.

Namun perlu diperhatikan bahwa taksi terbang ini adalah pesawat komersial kecil yang melakukan penerbangan jarak pendek sesuai permintaan.

(blq/rds)

[Gambas:Video CNN]

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);