Berita Satgas Cartenz Tangkap Pimpinan KKB Paniai Jemmy Magai

by


Jakarta, Pahami.id

Satgas Operasi Perdamaian Cartenz menangkap pemimpin Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Daerah Paniai, Jemmy Magai Yogi pada Rabu (16/10).

Kepala Operasi Satgas Perdamaian Cartenz Brigjen Faizal Ramadhani mengatakan, penangkapan Panglima Tentara Papua Barat (WPA) dilakukan tim gabungan di depan Kantor DPRD Dogiyai sekitar pukul 16.16 WIB. .


Faizal menjelaskan penangkapan itu bermula dari informasi rencana Jemmy mengirimkan amunisi dari wilayah Nabire ke Paniai melalui Dogiyai.

“Kami kemudian melakukan intersepsi di kawasan Dogiyai dan berhasil menangkap tersangka bersama sembilan orang lainnya,” ujarnya melalui keterangan tertulis, Kamis (17/10).

Faizal mengatakan, Jemmy dan sembilan tersangka lainnya ditangkap sambil membawa ratusan peluru di dalam mobil Hilux Double Cabin berwarna putih bernomor polisi PA 1646 HL.

Berdasarkan hasil penggeledahan, kata dia, ditemukan 104 butir peluru yang terdiri dari 56 butir peluru kaliber 5,56 mm dan 48 butir peluru kaliber 7,62 mm. Faizal menambahkan, saat ini seluruh tersangka telah dibawa ke Posko Operasi Perdamaian Cartenz untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Saat ini tersangka dan barang bukti telah diamankan di Posko Operasi Perdamaian Cartenz-2024 Kabupaten Dogiyai untuk dilakukan pengembangan dan penyidikan lebih lanjut, kata dia.

Sementara itu, Kasatgas Humas Operasi Perdamaian Cartenz Kombes Bayu Suseno mengatakan, KKB pimpinan Jemmy juga tercatat pernah terlibat kasus pencurian senjata api pada tahun 2015 dan terlibat baku tembak dengan TNI di Bibida. Daerah. , Paniai, pada Mei 2024.

Jemmy Magai Yogi juga merupakan adik dari Damianus Magai Yogi, Panglima Tertinggi KKB Tentara Papua Barat, tutupnya.

(tfq/ugo)