Berita RS Indonesia Alami Kehancuran Besar Usai Dibom Israel

by

Jakarta, Pahami.id

Relawan Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di Gaza kata Fikri Rofiul Haq Rumah Sakit Indonesia lumpuh setelah dibom oleh tentara Israel sebelum gencatan senjata.

Fikri merupakan relawan Medical Emergency Rescue Committee (MER-C) yang memilih tetap berada di Palestina dalam menjalankan misi kemanusiaan.


“RS Indonesia mengalami kerusakan parah. Pintu gerbang juga hancur, jalan di area RS juga hancur tadi malam,” kata Fikri saat ditemui CNN TV Indonesia pada Jumat (24/11).

Lebih lanjut Fikri mendapat informasi terkini, RS Indonesia di Gaza kini benar-benar kosong. Tidak ada penduduk, baik pengungsi, korban luka, maupun dokter.

Para dokter dan pasien yang tersisa di RS Indonesia sedang melakukan prosedur medis di rumah sakit di bagian utara Gaza. Mereka, lanjut Fikri, juga akan dipindahkan ke selatan karena situasi di Gaza utara tidak layak huni.

Tentara Israel mengebom Rumah Sakit Indonesia pada Kamis (23/11) malam waktu setempat, sehari sebelum perjanjian gencatan senjata dilaksanakan.

Direktur Rumah Sakit Indonesia Ashraf Al Qudra mengatakan rumah sakit tersebut berada di bawah “pengeboman besar-besaran” oleh pasukan Israel.

Rumah sakit menjadi sasaran kebakaran hebat yang menyasar generator listrik dan sebagian besar bangunan, kata Al Qudra pada Kamis, dikutip Anadolu Agency.

Akibat penyerangan tersebut, seorang wanita tewas dan tiga lainnya luka-luka. Tentara Israel juga menahan tiga orang di rumah sakit.

Sejak akhir pekan lalu, tentara Israel mengepung dan menyerang RS Indonesia. Akibat penyerangan tersebut, puluhan orang tewas.

Selama invasi sejak 7 Oktober, Israel menyerang warga sipil dan benda-benda. Akibat serangan itu, 14.800 orang tewas.

(adalah / pua)

[Gambas:Video CNN]


!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);