Berita Risma Resmi Mundur, Menteri PDIP di Kabinet Jokowi Sisa Lima

by


Jakarta, Pahami.id

Kader PDIP yang masih menjadi menteri di kabinet Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) Masih tersisa lima orang setelah Tri Rismaharini (Risma) menyetujui pengunduran dirinya dari jabatan Menteri Sosial (mensos).

Selain Risma, Jokowi juga menyebut Sekretaris Kabinet Pramono Anung sudah menyampaikan surat pengunduran diri. Namun, lanjut Jokowi, surat pengunduran diri Pramono belum ditandatanganinya.

“[Pramono Anung mengajukan pengunduran diri sebagai Menseskab] “Sudah, tapi belum ditandatangani,” kata Jokowi usai meresmikan Bandara Juanda, Sidoarjo, Jumat (6/9).


Baik Pramono maupun Risma diusung PDIP pada Pilkada Serentak 2024. Pramono diusung PDIP pada Pilgub Jakarta, sedangkan Risma pada Pilgub Jatim.

PDIP dulunya merupakan partai politik dengan perolehan kursi terbanyak di kabinet Jokowi. Namun kursi menteri perlahan mulai dikosongkan di penghujung dua periode kepemimpinan Jokowi.

Sebelumnya, dalam perombakan kabinet pada 19 Agustus 2024, Jokowi memecat kader PDIP Yasonna Laoly dari jabatan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (menkumham). Jokowi menunjuk kader Partai Gerindra Supratman Andi Agtas sebagai penggantinya.

Hari ini, Jokowi menyetujui pengunduran diri Risma. Kader perempuan PDIP itu mengundurkan diri karena ingin mencalonkan diri sebagai Gubernur Jawa Timur. Posisi Risma untuk sementara digantikan oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy.

Kader PDIP lainnya, Pramono Anung, juga sudah mengajukan pengunduran dirinya dari kabinet Jokowi. Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana mengatakan hal itu menyusul pengunduran diri Pramono pada 22 September lalu.

Presiden setuju secara prinsip. Beliau menghormati hak politik para menteri atau pejabat setingkat menteri untuk mencalonkan diri sebagai calon bupati, kata Ari kepada wartawan, Jumat (6/9).

Dengan demikian, saat ini ada lima menteri PDIP di kabinet Jokowi. Ada pula kader PDIP yang menduduki kursi wakil menteri. Berikut daftarnya:

-Sekretaris Kabinet Pramono Anung

-Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Basuki Hadimuljono

-Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas

-Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Puspayoga

– Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Teten Masduki

-Wakil Menteri Dalam Negeri John Wempi Wetipo

Jokowi pun membuka opsi perombakan kabinet meski masa jabatannya akan berakhir pada Oktober mendatang. Hal itu dia sampaikan saat menjawab pertanyaan wartawan terkait pergantian menteri yang mengundurkan diri.

“Iya bisa (perombakan kabinet),” kata Jokowi di Sidoarjo, Jumat ini.

Selain Risma dan Pramono, kader PDIP lainnya, Hasto Wardoyo, sebelumnya dikabarkan mengusulkan mundur sebagai Kepala BKKBN.

Hasto dicalonkan PDIP untuk mencalonkan diri sebagai Wali Kota Yogyakarta pada Pilkada 2024.

(anak/anak)