Berita Ribuan Ton Ikan Sarden Mati di Pantai Jepang Bagian Utara

by


Jakarta, Pahami.id

Ribuan ton ikan sarden dan ikan tenggiri mati terdampar di pantai Jepang Utara di sekitar pelabuhan perikanan Toi di selatan Hakodate, Pulau Hokkaido Kamis (12/7) lalu.

Mengutip dari Pers Terkait, ribuan ton ikan sarden dan makarel mati terdampar di pantai sepanjang sekitar 1,5 kilometer. Penduduk setempat belum pernah melihat kejadian seperti itu.

Sementara itu, pemerintah setempat pada hari Jumat mengatakan pihaknya sedang menyelidiki penyebab kematian ikan massal tersebut dan mencari solusi untuk merelokasi ikan tersebut. Selain itu, pemerintah kota juga mengimbau masyarakat untuk tidak memakan ikan tersebut.


Mulai Sabtu (12/9) lalu, pejabat pemerintah kota akan berkoordinasi dengan nelayan setempat dan Biro Promosi Regional Oshima di Prefektur Hokkaido untuk membersihkan kawasan dan membuang bangkai ikan.

Peneliti dari Hakodate Fisheries Research Institute, Takashi Fujioka mengaku pernah mendengar fenomena serupa sebelumnya, namun baru pertama kali melihatnya.

Dikatakannya, ikan-ikan tersebut kemungkinan besar dikejar oleh ikan-ikan berukuran lebih besar yang kelelahan karena kekurangan oksigen saat bergerak dalam kelompok yang padat, dan terbawa arus ombak.

Atau, kata dia, ikan tersebut juga bisa tiba-tiba memasuki perairan dingin saat bermigrasi.

Selain itu, ia mengingatkan ribuan ikan yang membusuk dapat menurunkan kadar oksigen di dalam air dan berdampak pada lingkungan laut.

“Kami belum tahu pasti dalam kondisi apa ikan-ikan ini terdampar, jadi saya tidak menyarankan untuk memakannya,” kata Fujioka.

(AP/anak)

[Gambas:Video CNN]

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);