Berita RI Pemain Utama di Kawasan-Global, Bukan Penonton

by


Jakarta, Pahami.id

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menekankan bahwa Indonesia adalah pemain utama di kawasan dan global, bukan hanya sekedar penonton.

Retno mengatakan, sejak hampir 10 tahun lalu, rekam jejak diplomasi Indonesia sudah terasa di kawasan dan dunia.

Rekam jejak diplomasi Indonesia tercermin dalam memastikan ASEAN selalu relevan di tingkat multilateral.


Retno mengutip laporan lembaga tersebut pemikir Lowy Institute yang menyebut Indonesia sebagai sebuah negara “kekuatan menengah di Asia”.

“Dan diplomasi Indonesia akan mempunyai pengaruh tertinggi di Asia Tenggara pada tahun 2023,” kata Menlu Retno.

Dia juga mencontohkan institusi tersebut pemikir Chatam House yang berbasis di London, menyebut kepemimpinan Indonesia sebagai kekuatan penyeimbang yang penting di Asia.

“Dari berbagai sudut pandang tersebut, terlihat jelas bahwa Indonesia adalah salah satu pemain utama di kawasan dan global, bukan hanya menjadi penonton,” kata Retno dalam Keterangan Pers Tahunan Menlu 2024, Senin (8/1).

ASEAN tetap relevan

Retno mengatakan, di kawasan ASEAN, diplomasi Indonesia berupaya untuk memastikan ASEAN tetap relevan dan menjaga sentralitas ASEAN dalam mengarungi dinamika geopolitik.

Saat Indonesia menjadi ketua ASEAN pada tahun 2023, Menlu mengatakan perkembangan di Myanmar juga terus membuat Indonesia khawatir.

“Demokrasi dan stabilitas di Myanmar akan menjadi kunci penyelesaian permasalahan Rohingya, sehingga mereka dapat kembali ke kampung halamannya dengan bermartabat,” kata Retno.

Dikatakannya, pada Desember 2023 lalu, isu Rohingya juga dibahas secara khusus oleh Retno dengan Komisioner Tinggi UNHCR di Jenewa.

“Saya menegaskan kerja sama yang solid sangat penting antara negara-negara kawasan dan badan-badan PBB untuk menyelesaikan masalah pengungsi Rohingya,” kata Retno.

Ia menambahkan, “Pergerakan pengungsi Rohingya yang sedang berlangsung atau perpindahan sekunder yang terjadi akhir-akhir ini sangat dicurigai sebagai akibat dari kejahatan TIP.”

(DNA/DNA)

[Gambas:Video CNN]

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);