Berita Ramai-ramai Bela Kaesang Putra Jokowi Naik Jet Pribadi

by


Jakarta, Pahami.id

Nama anak bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) Kaesang Pangarep masih ramai diperbincangkan publik setelah diduga menerima suap melalui fasilitas jet pribadi.

Kehebohan itu bermula saat istri Kaesang, Erina Gudono, mengunggah foto jendela pesawat berbentuk oval di akun Instagram @erinagudono miliknya. Netizen kemudian menduga gambar tersebut adalah jendela pesawat jet pribadi, berbeda dengan pesawat komersil.

Masalah ini kemudian meningkat menjadi dugaan kepuasan. Beberapa pihak menduga Kaesang menggunakan jet pribadi Gulfstream G650E milik Garena, perusahaan asal Singapura. KPK pun berencana meminta penjelasan Kaesang terkait hal tersebut.


Sejumlah pihak di lingkungan terdekat Kaesang pun turut merespons bahkan membela Ketua Umum PSI tersebut.

Ketua Relawan Jokowi Mania, Immanuel Ebenezer atau Noel mengaku mendapat informasi Kaesang akan berangkat ke Amerika Serikat (AS) karena diajak temannya yang merupakan anak pengusaha naik jet pribadi.

Informasi yang saya dapat, pemilik jet pribadi itu adalah teman Kaesang. Dan Mas Kaesang diajak ke Amerika,” kata Noel dalam acara tersebut. Pertunjukan Politik Pahami.idSenin (9/9) malam.

Meski begitu, Noel tak menyebutkan siapa di antara teman Kaesang yang memiliki jet pribadi tersebut. Ia kembali menceritakan bahwa Kaesang tidak sengaja diundang oleh temannya. Baginya, Kaesang memanfaatkan kesempatan tersebut dibandingkan menggunakan pesawat mahal.

“Iya Mas Kaesang, daripada naik malah ada yang bayar mahal,” imbuhnya.

Tak jauh berbeda, Menkominfo sekaligus Ketua Projo Budi Arie Setiadi menilai pantas jika Kaesang Pangarep naik jet pribadi untuk berangkat ke AS.

Budi beralasan Erina Gudono sedang hamil 8 bulan sehingga tidak diperbolehkan naik pesawat umum.

“Istri Mas Kaesang sedang hamil 8 bulan. Dia tidak bisa naik angkutan umum, tidak ada pesawat,” kata Budi di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (10/9).

Budi juga mengatakan, jet pribadi yang digunakan Kaesang dipinjam dari temannya. Ia pun mengatakan, Kaesang belum bisa dikatakan puas.

“Enggak ada (kepuasan), itu personal. Ya dari temannya,” ucapnya.

Jokowi dan Gibran angkat bicara

Tanggapan singkat disampaikan Jokowi atas dugaan suap berupa fasilitas jet pribadi yang dilakukan Kaesang. Ia hanya menegaskan, seluruh warga negara Indonesia mempunyai kedudukan yang sama dalam tatanan hukum Indonesia.

Ya, semua warga negara sama di mata hukum, itu saja, kata Jokowi usai menyaksikan pertandingan Timnas Indonesia melawan Australia di GBK, Jakarta, Selasa (10/9).

Usai menjawab pertanyaan terkait Kaesang, Jokowi meninggalkan area tanya jawab bersama awak media.

Terpisah, Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka meminta adiknya, Kaesang menanyakan langsung persoalan tersebut.

Namun terkait kerja sama Pemerintah Kota (Pemkot) Solo dan Shopee yang kemudian dikaitkan dengan isu jet pribadi Kaesang, Gibran juga membantah adiknya menikmati kenyamanan pesawat pribadi sebagai bentuk reward dari Shopee.

“Tidak ada apa-apa. Omong kosong,” kata Gibran usai melakukan blusukan bersama bakal calon Respati Ardi-Astrid Widayani di Desa Jajar, Kecamatan Banjarsari, Solo, Selasa (10/9).

Kerjasama Pemkot Solo dan Shopee ditandatangani Gibran pada awal masa jabatannya sebagai Wali Kota Solo. Gibran menegaskan kerja sama ini bertujuan untuk memudahkan UKM di Solo menembus pasar online.

Hingga saat ini, Shopee mengelola beberapa aset di kota Solo. Satu perkantoran di pusat perbelanjaan, satu ruko, dan dua gedung di Solo Techno Park (STP) yang merupakan aset Pemkot Solo.

“MoU profesional antara Solo Techno Park dan Shopee. Tidak ada yang seperti itu,” ujarnya.

(kr/DAL)