Berita Projo Beri Alasan Dukung RK di Jakarta, Singgung Rekam Jejak Incumbent

by


Jakarta, Pahami.id

Relawan Pro Jokowi (Proyek) mengaku semakin percaya diri memberikan dukungan Ridwan Kamil (RK) di Pemilihan Gubernur Jakarta 2024. Majelis Bendahara Umum Projo Barus menyatakan ada dua variabel yang mendasari keyakinan Projo.

Pertama, berdasarkan pemilu provinsi sebelumnya, calon petahana (petahana) selalu kalah. Kedua, kandidat yang unggul dalam survei seringkali kalah.

“Petahana belum pernah menang di Jakarta,” kata Panel di kantor DPP Projo, Jakarta, Sabtu (3/8).


Variabel kedua, Jakarta selalu diunggulkan dalam survei, dia tidak menang. Itu dua variabel penting, ujarnya.

Katanya, Fauzi Bowo alias Foke yang merupakan petahana pada Pilkada 2012 punya ekspektasi tinggi. Namun pada akhirnya Joko Widodo yang menang.

Kemudian pada tahun 2017, jajak pendapat menunjukkan elektabilitas Basuki Tjahaja Purnama tinggi. Namun lawannya yang menang adalah Anies Baswedan.

“Ya, itu berarti mereka yang memiliki jajak pendapat tinggi tidak menang,” katanya.

Dalam dua dekade terakhir, sebenarnya ada Sutiyoso yang pernah menjabat pada 1997-2002 dan kembali menjabat Gubernur Jakarta pada 2002-2007.

Namun, dia yang saat itu berpasangan dengan Fauzi Bowo, terpilih setelah memperoleh lebih dari 50 persen suara anggota dewan yang mengikuti pemungutan suara pemilihan Gubernur DKI di Gedung DPRD, Jakarta Pusat.

Dalam pemilu yang menggunakan sistem penulisan nama calon, pasangan Sutiyoso-Fauzi Bowo menang telak dengan perolehan 47 suara dari 84 anggota DPR yang hadir saat itu.

Usulan perwakilan RK dari Projo

Terkait perwakilan RK, Projo menyerahkan sepenuhnya kepada pendukung partai. Namun, dia memastikan Projo siap menggalang dukungan.

“Soal wakil terpilih, itu yang akan diurus oleh anggota partai. Kita tunggu, kita dukung pergerakan mesin Projo di 267 kabupaten di DKI dan 44 kabupaten, kita akan bergerak memenangkan RK,” ujarnya.

Ia pun menilai partai-partai di Gabungan Indonesia Maju (KIM) berpeluang besar mendukung RK di DKI. Hal itu diungkapkannya menyusul sikap resmi Golkar yang baru-baru ini mendukung Dedi Mulyadi di Pilkada Jabar.

“Posisi projo kemarin dukung RK di Jakarta atau Jawa Barat. Nah, teman-teman KIM selalu komunikasi. Sepertinya berdasarkan pemberitaan tadi malam, kemarin, teman-teman Golkar di pemberitaan sepertinya sedang kumpul,” ujarnya.

(yla/chr)