Berita Profil Surya, Bupati Asahan yang Disodorkan Golkar Jadi Cawagub Bobby

by


Jakarta, Pahami.id

Partai Golkar mengusulkan nama Bupati Asahan, Surya, menjadi calon Gubernur Sumatera Utara (Sumut). Bobby Nasution pada Pilgub Sumut 2024.

Ketua DPD Golkar Sumut Musa Rajekshah alias Ijeck mengatakan Surya merupakan kader Partai Golkar yang memiliki banyak pengalaman termasuk di pemerintahan.

Menurut dia, rencana tersebut sudah disetujui oleh Pimpinan Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Bobby.


Lantas, bagaimana kiprah Surya di dunia politik?

Pria kelahiran 22 Mei 1955 ini mengawali karir politiknya dengan menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Asahan. Berlanjut pada tahun 2008 hingga 2009, Surya menjabat sebagai Ketua DPRD Batu Bara.

Karirnya di Golkar juga cukup sukses setelah diangkat menjadi Sekretaris DPD II Partai Golkar Kabupaten Asahan dan Ketua DPD Golkar Kabupaten Batu Bara.

Namun sebelum memutuskan terjun ke dunia politik, alumnus D-3 STTM Medan ini mengawali karir sebagai pendidik di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Budhi Darma sejak tahun 1980.

Surya kemudian mulai mengikuti kontestasi politik dan menang sebagai Wakil Bupati Asahan periode 2010-2015 menyusul Topan Gama Simatupang.

Topan dan Surya kemudian kembali bertanding di Pilkada Kabupaten Asahan dan terpilih kembali sebagai pasangan periode 2016-2021.

Namun di tengah kepemimpinannya, Taufan meninggal dunia karena serangan jantung pada 22 April 2019. Surya pun menggantikan Taufan dengan menjadi Pj Bupati Asahan pada 4 Mei 2019 hingga 19 September 2019.

Setelah itu, ia resmi dilantik oleh Gubernur Sumut Edy Rahmayadi sebagai Bupati Asahan pada 20 September 2019.

Kemudian pada Pilkada provinsi 9 Desember 2020, Surya maju sebagai calon bupati bersama calon wakilnya Taufik Zainal Abidin.

Mereka berhasil memperoleh suara terbanyak dan memenangkan kontestasi politik meski diwarnai gugatan di Mahkamah Konstitusi (MK) yang diajukan rivalnya, Nurhajizah-Henri Siregar.

Dengan adanya putusan Mahkamah Konstitusi, Surya tercatat menjabat Bupati Asahan selama dua periode.

(kr/tsa)