Berita Prabowo-Gibran Bakal Dilantik Hari Ini, Jokowi-Ma’ruf Lengser

by


Jakarta, Pahami.id

Prabu Subianto Dan Gibran Rakabuming akan dilantik menjadi Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia 2024-2029 pada hari ini, Minggu (20/10).

Pengangkatan dan pengambilan sumpah jabatan rencananya akan berlangsung di Kompleks DPR/MPR RI, Senayan, Jakarta pada pukul 10.00 WIB.


Ketua MPR RI Ahmad Muzani akan memimpin langsung Sidang Paripurna pengangkatan Presiden dan Wakil Presiden RI hingga pukul 11.23 WIB sesuai jadwal.

Masing-masing menandatangani berita acara pembukaan dan menyerahkan berita acara pembukaan.

Acara pelantikan juga akan diwarnai dengan prosesi pertukaran kursi antara Presiden dan Wakil Presiden RI sebelumnya, Joko Widodo-Ma’ruf Amin, dan Prabowo-Gibran. Hal ini sekaligus menjadi simbol berakhirnya lima tahun pemerintahan Jokowi-Ma’ruf akibat Pilpres 2019.

Prabowo juga dijadwalkan menyampaikan pidato pertamanya sebagai Presiden Republik Indonesia besok.

Upacara pembukaan dihadiri banyak pihak. Sebanyak 33 kepala negara dipastikan menghadiri upacara pembukaan tersebut.

Beberapa politisi lain seperti Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo juga dipastikan hadir di Kompleks Parlemen besok.

Namun Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri disebut tak akan hadir karena alasan kesehatan. Di sisi lain, Megawati memerintahkan seluruh anggota PDIP untuk menghadiri acara pembukaan.

Usai pelantikan, Prabowo dan Gibran dijadwalkan menuju Istana Negara untuk mengikuti parade perpisahan dengan Presiden Joko Widodo.

(bisa/asar)