Berita Prabowo Berencana Selesaikan Pembangunan IKN 4 Tahun

by


Jakarta, Pahami.id

Presiden Prabu Subianto dikatakan sedang mempersiapkan pembangunan ibu kota nusantara (IKN) dalam waktu empat tahun. Menteri Kehutanan Raja Juli Antoni mengatakan rencana tersebut telah disampaikan di Rumah Menteri Kabinet Merah Putih di Akmil Magelang.

Prabowo membahas IKN pada sesi pengarahan menteri lalu.

“Bahkan beliau sudah memiliki rencana untuk menyelesaikan pembangunan IKN dalam waktu 4 tahun,” kata Raja Juli dalam postingan Instagram di akunnya, Sabtu (26/10).


Prabowo akan menempatkan IKN sebagai modal politik. Selain gedung eksekutif, Prabowo menargetkan membangun gedung legislatif dan yudikatif dalam waktu empat tahun.

Ketua Umum Partai Gerindra ini ingin Sidang Paripurna DPR/MPR 2028 tidak lagi digelar di Jakarta, melainkan bisa digelar di nusantara.

Bahkan beliau berharap pelantikan Presiden dan Wakil Presiden tahun 2029 dilaksanakan di IKN, kata Raja Juli.

Sebelumnya, Presiden ketujuh RI Joko Widodo menyerahkan pengembangan IKN kepada pemerintahan berikutnya. Ia tidak mengeluarkan keputusan presiden untuk memindahkan ibu kota hingga ia lengser pada 20 Oktober.

Beberapa pembangunan di IKN juga belum selesai, misalnya Istana Garuda. Begitu pula dengan perpindahan ribuan ASN dari Jakarta ke IKN.

Saat ini, Prabowo belum menunjuk Ketua Harian IKN yang baru. Mantan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono diperkirakan bisa kembali menjabat setelah sebelumnya menjabat Pj Kepala Badan IKN.

(dhf/sur)