Berita Prabowo Bakal Hadiri KTT G20 di Brasil Bulan Depan

by


Jakarta, Pahami.id

Menteri Luar Negeri Indonesia Sugiono kata Presiden Prabu Subianto berencana menghadiri KTT G20 di Rio de Janeiro, Brasil.

“Bulan depan Pak Presiden akan menghadiri KTT G20 di Rio de Janeiro, Brazil, dan saya juga diundang untuk menghadiri pertemuan Tingkat Menteri Luar Negeri untuk sesi lanjutan kelompok negara maju G7 di Fiuggi, Italia,” kata Sugiono di luar kantor. peristiwa. KTT BRICS di Kazan, Rusia, Kamis (24/10).


Sugiono mengatakan Indonesia ingin terlibat dalam berbagai forum nasional. Ia mengumumkan bahwa Indonesia berniat bergabung menjadi anggota BRICS.

Hal ini menekankan pentingnya peran Indonesia sebagai jembatan antara negara berkembang dan negara maju.

“Partisipasi Indonesia dalam BRICS merupakan perwujudan politik luar negeri yang independen dan aktif. Bukan berarti kita tergabung dalam kubu tertentu, namun kita berpartisipasi aktif di semua forum,” kata Sugiono dalam keterangan tertulisnya, dikutip Jumat (26/10). . .

Sugiono mengatakan forum ini dapat menjadi kekuatan persatuan dan solidaritas antar negara-negara Global South. BRICS juga dirasa dapat menjadi perekat untuk mempererat kerja sama antar negara berkembang.

“Kami juga melihat prioritas BRICS sejalan dengan program kerja Kabinet Merah Putih antara lain ketahanan pangan dan energi, pengentasan kemiskinan, atau pengembangan sumber daya manusia,” ujarnya.

BRICS adalah kelompok informal yang anggota aslinya meliputi Brasil, Rusia, India, Tiongkok, dan Afrika Selatan.

Kelompok ini pertama kali dibentuk pada tahun 2006 untuk membahas isu-isu global terkini. Keanggotaannya diperluas pada tahun 2023 dengan penambahan Ethiopia, Iran, Mesir dan Uni Emirat Arab.

(tim/fra)