Berita Polandia Buka Opsi Tembak Rudal Rusia Mengarah ke Ukraina

by


Jakarta, Pahami.id

Polandia sedang mempertimbangkan opsi untuk menembak jatuh rudal tersebut Rusia yang melewati wilayah udara mereka dan mengarah ke Ukraina.

Menteri Luar Negeri Polandia Radoslaw Sikorski mengatakan sebuah rudal Rusia terbang melintasi langit Belarus. Kemudian memasuki wilayah udara Polandia 40 detik sebelum mendarat di sasaran di Ukraina.

“Pada tahap saat ini, ini (menembak jatuh rudal Rusia) adalah sebuah ide. Perjanjian kami (Polandia dan Ukraina) mengatakan kami akan mempelajari ide ini,” kata Sikorski seperti dikutip CNNMinggu (14/7).


Sikorski mengatakan rudal Rusia memang telah menembus wilayah udara negaranya. Hingga saat ini, pihak Polandia menganggap hal tersebut disebabkan oleh kesalahpahaman.

Meski begitu, Polandia sedang mengalami dilema. Rudal Rusia menimbulkan ancaman terhadap keselamatan warga Polandia yang berada di jalur rudal tersebut.

“Dilema kami adalah ini: jika kami menembak jatuh rudal Rusia segera setelah memasuki wilayah udara kami, puing-puing tersebut akan menjadi ancaman bagi rakyat dan harta benda kami,” katanya.

Ia menambahkan, “Ukraina berkata, ‘Tolong, kami tidak punya masalah, melakukan itu (penembakan rudal) di wilayah udara kami ketika rudal dalam bahaya melintasi wilayah Polandia.’

Sikorski mengatakan opsi menembak jatuh rudal Rusia telah dibahas dalam pertemuannya dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky pekan ini. Namun, belum ada keputusan mengenai hal ini.

Sebelumnya, Menteri Pertahanan Polandia Władysław Kosiniak-Kamysz mengatakan negaranya tidak akan mengambil keputusan sendiri mengenai masalah ini. Dia mengatakan peluncuran rudal Rusia itu menunggu keputusan NATO.

“Jika NATO tidak mengambil keputusan itu, Polandia tidak akan mengambil keputusan sendiri,” katanya.

(dhf/tsa)