Berita PM Timor Leste Xanana Ikut Kerja Bakti Sapu Jalan Demi Menanti Paus

by


Jakarta, Pahami.id

Perdana Menteri Xanana Gusmao turut serta dalam pengabdian masyarakat menyapu jalanan Dili sebagai bentuk persiapan menyambut pemimpin Gereja Katolik sedunia Paus Fransiskus ke Timor Leste.

Dalam foto yang diunggah AFPXanana terlihat mengenakan topi hitam bertali, kemeja bermotif lengan pendek berwarna biru, dan celana jeans. Ia juga terlihat memegang sapu.


“Perdana Menteri Xanana Gusmao menyapu jalan bersama penduduk setempat untuk membantu membersihkan kota sebelum kedatangan Paus,” kata laporan media tersebut.

Dalam gambar tersebut, terlihat sejumlah warga membantu membersihkan jalan dan lingkungan sekitar. Ada pula yang menyapu jalan dan memungut sampah.

Gambar Xanana menyapu jalanan juga dibagikan di media sosial. Foto tersebut diunggah seorang netizen di X hari ini, Senin (9/9).

“Ini Perdana Menteri Xanana Gusmao yang menyapu jalanan kemarin [Minggu]. Dan dia melakukannya berjam-jam,” ujar warganet.

Paus dan rombongan tiba di Timor Leste hari ini, Senin (9/9) pukul 14.25 waktu setempat.

Setibanya di bandara, Paus disambut oleh Presiden Ramos Horta dan Xanana Gusmão.

Horta terlihat mengenakan kain adat yang dipadukan dengan kemeja, sedangkan Xanana Gusmao terlihat mengenakan jas.

Paus akan berada di Timor Leste pada 9-11 September. Sesuai jadwal, hari ini Yang Mulia akan mengunjungi Istana Negara untuk resepsi pada pukul 18.00 waktu setempat.

Selanjutnya, pada pukul 18.30, Paus akan melakukan kunjungan kehormatan ke Ramos Horta di Istana Kepresidenan.

Keesokan harinya, Paus akan mengunjungi anak-anak penyandang disabilitas di Sekolah Irmãs Alma, bertemu dengan serikat gereja, dan menghadiri misa suci di Taci Tolu Esplanade.

Misa tersebut kabarnya akan dihadiri 700.000 orang. Jumlah tersebut hampir 10 kali lipat dari jumlah jamaah yang datang beribadah di Stadion Gelora Bung Karno, Indonesia.

Sekitar 95 persen penduduk Timor Leste beragama Katolik.

Sebelum ke Timor Leste, Paus terlebih dahulu mengunjungi Papua Nugini dan Indonesia.

(isa/bac)