Berita PM Timor Leste Xanana Gusmao Temui Jokowi dan Cium Tangan Menlu Retno

by


Jakarta, Pahami.id

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan resmi Perdana Menteri Timor Timur Xanana Gusmao di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat (26/1) pagi.

Kedatangan Xanana disambut dengan serangkaian upacara kehormatan seperti parade kaki, tarian daerah, dan rombongan masyarakat yang mengenakan pakaian adat sambil memegang bendera Indonesia dan Timor Leste.


Lagu kebangsaan kedua negara juga diperdengarkan pada saat itu. Sebanyak 19 ledakan meriam turut meramaikan perayaan tersebut. Keduanya kemudian pergi untuk melihat upacara penyambutan.

Saat itu, Jokowi juga memperkenalkan beberapa menterinya kepada Xanana.

Ada Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Menteri PUPR Basuki Hadimuldjono.

Dalam rangka pertemuan tersebut, terlihat momen Xanana mencium punggung tangan Retno Marsudi, dilanjutkan dengan bersalaman dengan jajaran menteri yang hadir saat itu.

Selanjutnya, Jokowi dan Xanana memasuki halaman istana. Keduanya sempat berfoto bersama dan menandatangani nota kesepahaman alias MoU beberapa kerja sama.

Jokowi dan Xanana juga melakukan penanaman pohon. Pohon yang ditanam adalah pohon Merawan dengan nama latin Hopea odorata. Kegiatan penanaman pohon selalu dilakukan setiap kali Jokowi menerima kenegaraan.

Kemudian mereka berdua berjalan menuju halaman belakang Istana Kepresidenan Bogor dan mengobrol santai sambil minum teh.

Sehari sebelumnya, Presiden Jokowi juga menerima kunjungan resmi Presiden Republik Persatuan Tanzania Samia Suluhu Hassan dan delegasinya di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis (25/1).

Jokowi menjelaskan, pertemuan pemimpin kedua negara dilakukan kemarin untuk membahas dan menyepakati kerja sama konkrit di berbagai bidang, mulai dari perdagangan, investasi, pengembangan sumber daya manusia (SDM), hingga kesehatan.

(jam/rds)

[Gambas:Video CNN]

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);