Berita Pilpres Iran Lanjut Putaran Kedua sampai Gencatan Senjata Gaza Mandek

by

Daftar isi



Jakarta, Pahami.id

Iran akan menggelar pemilu presiden putaran kedua pada pekan ini, setelah pemilu pada 28 Juni tidak menghasilkan calon presiden dengan suara dominan.

Sementara itu, serangkaian bom bunuh diri terjadi di Nigeria akhir pekan lalu yang menewaskan puluhan orang.

Berikut International Flash hari ini, Senin (1/7).


Dua dari empat calon presiden Iran unggul pada putaran pertama pemilihan presiden yang digelar Jumat (28/6) waktu setempat.

Kandidat presiden reformis Masoud Pezeshkian dan calon presiden ultrakonservatif Saeed Jalili melaju ke putaran kedua pemilihan presiden yang akan digelar pada Jumat (5/7) pekan ini,

Berdasarkan hasil awal, Pezeshkian memperoleh lebih dari 10,4 juta suara, sedangkan Jalili memperoleh lebih dari 9,4 juta suara.

Osama Hamdan, seorang pejabat senior Hamas, mengatakan pembicaraan mengenai gencatan senjata di Jalur Gaza dengan Israel tidak menghasilkan kemajuan.

“Kami masih siap mendiskusikan secara positif setiap usulan gencatan senjata yang dapat mengakhiri perang,” kata Osama Hamdan dalam konferensi pers di Beirut, Lebanon, yang dilansir AFP, Sabtu (29/6).

Hamas dengan tegas mengatakan kesepakatan apa pun harus mengakhiri perang di Gaza. Selain itu, mereka ingin Israel meninggalkan wilayah tersebut.

Rentetan bom bunuh diri di Nigeria hingga Sabtu (29/6) menewaskan 18 orang dan menyebabkan 19 orang luka berat.

Juru bicara kepolisian setempat mengatakan salah satu dari tiga ledakan di Kota Gwoza, Nigeria dilakukan oleh seorang wanita dengan bayi diikat di punggungnya. Wanita itu meledakkan bom di tengah upacara pernikahan.

Serangan lain terjadi di kota perbatasan di sisi lain Kamerun dan menargetkan sebuah rumah sakit dan kuburan bagi korban pemboman pernikahan sebelumnya.

(tim/dna)