Berita Pilgub Kaltim Jadi Arena Pertarungan Petahana dan Anggota DPR

by


Jakarta, Pahami.id

Dua calon pasangan calon sudah mendaftar ke KPU Kalimantan Timur untuk mengikuti pemilihan gubernur Kalimantan Timur pada Pilkada Serentak 2024.

Mereka adalah petahana Isran Noor-Hadi Mulyadi dan Rudy Mas’ud-Seno Aji.

Pertarungan Pilgub Kaltim merupakan salah satu pilkada strategis di Indonesia pada tahun 2024.


Pasalnya, wilayah tersebut akan menjadi pusat pemerintahan Indonesia ketika ibu kota resmi berpindah dari Jakarta di Jawa ke nusantara di sana.

Isran-Hadi

Untuk pemilihan gubernur Kaltim, Isran-Hadi mendaftar ke KPU Kaltim pada Rabu (28/8). Pasangan petahana ini didukung enam partai yakni PDIP, Demokrat, Gelora, Hanura, Ummat, dan Perindo.

Isran bertekad memenangkan Pilgub Kaltim untuk melanjutkan tugasnya di pemerintahan daerah.

“Kita didukung enam partai yaitu PDIP, Demokrat, Gelora, Partai Hanura, Ummat dan Perindo. Dengan kerja keras tim pemenangan, kita akan menjadikan Kaltim lebih baik lagi,” tegas Isran saat mendaftar ke KPU Koltim lalu. Rabu, dikutip dari di antara.

Ia menambahkan, visi dan misi paslon Isran-Hadi melanjutkan isu dan program kerja periode sebelumnya. Meski hanya ada sedikit perubahan, namun menyelesaikan visi dan misi yang belum tuntas menjadi tanggung jawab mereka.

Soal strategi kemenangan, kami menyebutnya rahasia internal tim, tegas Isran.

Perwakilan Tim Pemenangan Isran-Hadi dari PDIP, Ananda Emira Moeis mengaku, selama menjabat di DPRD Kaltim, ia melihat petahana berhasil meningkatkan APBD secara signifikan dan mencatatkan nilai fiskal terbesar sepanjang sejarah Kaltim.

Calon Gubernur Kaltim Isran Noor (kanan) bersahabat dengan calon Wakil Gubernur Hadi Mulyadi (kiri) di KPU Provinsi Kaltim, di Samarinda, Rabu (28/8/2024). (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Rudy Seno

Sedangkan calon Rudy-Seno mendaftar ke KPU Kaltim pada Kamis (29/8) lalu.

Dalam pendaftaran ini, pasangan Rudy-Seno didampingi beberapa petinggi dan pengurus partai politik pengusung antara lain Partai Golkar, Gerindra, PKB, PAN, dan Partai Nasdem.

“Saat ini Provinsi Kaltim menjadi fokus nasional bahkan internasional karena menjadi etalase Indonesia di kancah global. Hal ini berkat ibu kota baru atau Ibu Kota Kepulauan (IKN) yang berada di tengah Kaltim,” ujar Rudy Mas. ud saat mendaftar ke KPU.

Calon Gubernur Kaltim Rudy Mas'ud (kanan) dan calon Wakil Gubernur Seno Aji (kiri) melambaikan tangan di atas kepala Reog Ponorogo saat menuju Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kaltim, Samarinda, Kamis (29). /8/2024). Pasangan Rudy Mas'ud-Seno Aji resmi mendaftar sebagai peserta Pilkada Kalimantan Timur 2024 dengan dukungan partai politik yang tergabung dalam Gabungan Indonesia Maju (KIM) Plus. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/aww.Pasangan calon Gubernur Kaltim Rudy Mas’ud (kanan) dan calon Wakil Gubernur Seno Aji (kiri). (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Rudy Mas’ud terkenal sebagai politikus Golkar yang saat ini duduk di Komisi III DPR RI. Sedangkan Seno Aji merupakan politikus Gerindra yang saat ini menjabat Wakil Ketua DPRD Kaltim.

“Kaltim akan kita persiapkan agar mampu bersaing dengan negara tetangga seperti Brunei, Malaysia, dan Singapura. Maka pembangunan dan akselerasi di berbagai bidang akan menjadi prioritas agar Kaltim mampu menghadapi tantangan global,” kata Rudy dalam acara tersebut. Kantor KPU, seperti dikutip dari di antara.

Usai pendaftaran, KPU Kaltim pun menggelar pemeriksaan kesehatan calon bakal calon di RSUD Abdul Wahab Sjahranie Samarinda, Jumat (30/8) ini.

Tahap selanjutnya adalah penetapan calon yang memenuhi syarat pada 22 September, dilanjutkan dengan penerbitan nomor urut pada 23 September. Kemudian masa kampanye dilaksanakan pada 25 September hingga 23 November, dan pemungutan suara pada 27 November.

(anak-anak)