Berita Petahana Andi Sudirman vs Walkot Makassar Pomanto

by


Makassar, Pahami.id

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Selatan, Hasbullah membenarkan calon kepala daerah tersebut Pilkada Serentak 2024 Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel hanya ada dua pasang.

Pasangan calon pertama adalah Gubernur petahana Andi Sudirman Sulaiman dan mantan Wakil Wali Kota Makassar Fatmawati Rusdi.

Andi-Fatmawati didukung 10 partai politik yang tergabung dalam Gabungan Indonesia Maju (KIM) Plus, yakni Partai Gerindra, NasDem, Golkar, PAN, PKS, Hanura, PSI, Demokrat, dan Gelora.


Kandidat kedua adalah Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto (Danny Pomanto) yang merupakan Wali Kota Makassar yang berpasangan dengan Ketua PKB Sulsel Azhar Arsyad.

Danny-Azhar didukung koalisi tiga partai yakni PDIP, PKB, dan PPP. Mereka juga didukung oleh tiga partai politik non-parlemen yakni Partai Buruh, PBB, dan Partai Ummat.

“Sesuai aturan, karena partainya tinggal tiga, maka tidak bisa didaftarkan, tapi justru memberikan dukungan kepada pasangan calon. Makanya parpolnya habis,” kata Hasbullah di kantor KPU Sulsel, Kamis. (29/8).

Hasbullah menjelaskan, dalam PKPU, jika ada partai politik yang sudah memberikan persetujuan untuk didaftarkan, maka perjanjian dukungannya tidak bisa ditarik kembali.

Artinya, proses tersebut memastikan tidak ada lagi pasangan calon yang bisa mendaftar. Jadi hanya ada dua pasangan calon, kata Hasbullah.

Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Moh Ramdhan Pomanto-Azhar Arsyad. (CNNIndonesia/Ilham)

Menurut Hasbullah, hanya tiga partai pengusung Danny Pomanto-Azhar Arsyad di Pilgub Sulsel yang terdaftar di aplikasi sistem pencalonan (Silon) KPU. Sementara tiga partai non-parlemen seperti Partai Buruh, PBB, dan Partai Ummat tidak terdaftar dalam penerapan sistem pencalonan.

“Kami hanya menerima tiga, terkait posisi parpol yang didaftarkan melalui proses Silon, dari dua pasangan calon tergantung faktual memberikan dukungan. Tapi ketiga partai yakni PPP, PKB, dan PDIP sudah memenuhi syarat,” dia menjelaskan.

Sementara itu, Danny Pomanto mengaku ketiga partai nonparlemen tersebut tidak sempat mendaftar di aplikasi Silon KPU.

“Sebenarnya kita mendapat tambahan pendukung dari tiga partai politik non-parlemen, yaitu Partai Rakyat, Partai Buruh, dan PBB. Namun mereka tidak sempat memberikan dukungan resmi, karena ditolak di Silon (informasi pencalonan). sistem). Tapi tidak apa-apa karena mereka sudah mengumumkan akan datang dan hadir. ,” kata Danny usai mendaftar di kantor KPU Sulsel.

Andi Sudirman merupakan adik dari Menteri Pertanian Amran Sulaiman

Sedangkan Andi Sudirman merupakan petahana yang menjabat Gubernur Sulawesi Selatan periode 2022-2023. Ia juga dikenal sebagai adik Menteri Pertanian Amran Sulaiman.

“Alhamdulillah, hari ini kami bersama teman-teman partai pendukung mengucapkan terima kasih kepada KPU dan Bawaslu. Hari ini kami informasikan bahwa berkas sudah diterima dan lengkap serta siap untuk diproses lebih lanjut,” kata Andi Sudirman. . setelah resmi mendaftar ke KPU, Kamis lalu.

Pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman-Fatmawati Rusdi. (CNNIndonesia/Ilham)Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman-Fatmawati Rusdi. (CNNIndonesia/Ilham)

Adik Menteri Pertanian, Amran Sulaiman mengatakan, ada 10 parpol yang mendukungnya. Sudirman meminta timnya setelah registrasi siap untuk melanjutkan ke jenjang berikutnya.

Kita sama-sama mengapresiasi teman-teman partai yang sudah mendukung kita. Kita berterima kasih kepada rekan-rekan LO (Petugas Liaoson) yang juga sudah bekerja keras hari ini. , ” jelasnya.

Andi Sudirman datang dengan kemeja putih ditemani istrinya, Naoemi Oktarina yang mengenakan jilbab berwarna putih. Sedangkan Fatmawati didampingi suaminya, Rusdi Masse yang juga Ketua DPW Partai Nasdem Sulsel bersama sekretarisnya, Syaharuddin Alrif.

Setelah mendaftar, kata Andi Sudirman, selanjutnya Anda akan melanjutkan ke proses tahap selanjutnya.

(mir/anak)