Berita Pesan Penutup Paus Fransiskus di Misa GBK: Terima Kasih Rakyat RI!

by


Jakarta, Pahami.id

Paus Fransiskus menyatakan beberapa amanah saat menutup Misa Kudus di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, pada Kamis (5/9).

Salah satu amanah yang disampaikan Bapa Suci adalah ungkapan terima kasih kepada pemerintah dan masyarakat Indonesia yang telah menampung dan memfasilitasi perjalanan kerasulannya selama tiga hari mulai Selasa (3/9).


Terima kasih kepada seluruh masyarakat Indonesia yang begitu ramah dan terutama para orang tua. Terima kasih kepada Presiden Joko Widodo yang hadir dan masyarakat Indonesia, kata Paus Fransiskus.

Paus Fransiskus memimpin Misa Kudus di GBK yang dihadiri lebih dari 80.000 umat Katolik.

Misa Kudus ini merupakan bagian dari rangkaian kunjungan kerasulan ke Negara Republik Indonesia (RI) pada tanggal 3-6 September 2024.

Indonesia menjadi negara pertama yang dikunjungi Paus Fransiskus dalam rangkaian kunjungannya ke Asia-Pasifik. Ia selanjutnya akan mengunjungi Papua Nugini, Timor Leste, dan Singapura.

Ini merupakan kunjungan pertama Paus ke Indonesia sejak 35 tahun setelah kunjungan Paus Yohanes Paulus II pada tahun 1989. Kedatangan Paus Fransiskus sangat ditunggu-tunggu khususnya oleh umat Katolik Indonesia.

Sebelum memimpin Misa Kudus, Paus terlebih dahulu mengunjungi Masjid Istiqlal di Jakarta dan kantor Konferensi Waligereja Katolik Indonesia (KWI).

Di Masjid Istiqlal, Paus menghabiskan waktu mengunjungi Terowongan Persahabatan yang menghubungkan Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral. Dalam sambutannya beliau berharap terowongan tersebut dapat menjadi tempat berdialog dan bertemu dalam semangat kerukunan dan persahabatan.

Sementara itu di KWI, Paus bertemu dengan para penerima manfaat dari organisasi amal tersebut. Pada kesempatan ini, Paus menyampaikan pesannya kepada para tamu, yang banyak di antaranya adalah penyandang disabilitas. Ia mengatakan mereka adalah komunitas yang berharga dan merupakan harta yang harus dilindungi oleh gereja dan negara.

(rds)