Berita Perwakilan Hamas ke Mesir Hari Ini, Bahas Lagi Gencatan Senjata

by


Jakarta, Pahami.id

Perwakilan Hamas dikabarkan tiba di Kairo, Jumat (29/12) untuk membahas rencana gencatan senjata di Jalan Gaza dan pertukaran sandera dan tahanan dengan Israel.

Seorang pejabat Hamas mengungkapkan, pembicaraan tersebut telah direncanakan sejak pekan lalu ketika para pemimpin Hamas dan kelompok Jihad Islam mengunjungi Mesir.

Seorang sumber mengatakan kepada AFP ada tiga hal yang perlu dibahas, yakni pembaruan gencatan senjata sebelumnya, pertukaran sandera Hamas dan tahanan Israel, serta gencatan senjata permanen untuk mengakhiri perang. Juga termasuk diskusi untuk membangun kembali Gaza setelah perang.


“Delegasi tingkat tinggi dari Kantor Politik Hamas akan mengunjungi Kairo besok (Jumat) untuk bertemu dengan para pejabat Mesir dan memberikan masukan dari faksi-faksi Palestina, termasuk beberapa pengamatan, mengenai rencana mereka,” kata seorang pejabat Hamas yang menolak disebutkan namanya. . oleh AFP, Jumat (29/12).

Pejabat itu mengatakan pengamatannya terfokus pada metode pertukaran yang direncanakan dan jumlah tahanan Palestina yang akan dibebaskan, serta mendapatkan jaminan penarikan penuh pasukan Israel dari Gaza.

Qatar dan Mesir adalah dua negara yang bertindak sebagai mediator antara Israel dan Hamas dalam gencatan senjata seminggu pertama yang membebaskan 80 sandera Israel dengan imbalan 240 tahanan Palestina.

Diaa Rashwan, Kepala Layanan Informasi Nasional Mesir menegaskan bahwa Kairo telah menyusun “kerangka” yang bertujuan menyatukan pandangan semua pihak terkait dengan tujuan mengakhiri pertumpahan darah Palestina, menghentikan agresi terhadap Jalur Gaza, dan memulihkan perdamaian regional dan keamanan.

Pra-usulan ini terdiri dari tiga tahapan yang berurutan dan saling berhubungan menuju gencatan senjata, kata Rashwan dalam keterangannya, Kamis (28/12).

(tim/bukan)

[Gambas:Video CNN]


!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);