Berita Perang Israel vs Hamas Meluas, AS-Inggris Gempur Houthi di Yaman

by


Jakarta, Pahami.id

Amerika Serikat Dan Bahasa inggris melancarkan serangkaian serangan udara terhadap beberapa sasaran milisi Houthi di Yaman pada Jumat (12/1).

Serangan tersebut dilancarkan oleh AS dan Inggris sebagai respons terhadap sabotase dan pembajakan kapal komersial yang terkait dengan Israel oleh milisi Houthi di Laut Merah baru-baru ini. Ledakan terdengar di beberapa kota di Yaman, tak lama setelah serangan AS-Inggris dilancarkan.


Empat pejabat AS mengatakan Reuters Pasukan AS dan Inggris di Timur Tengah telah melancarkan puluhan serangan udara terhadap sasaran Houthi di Yaman.

Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak juga dikabarkan telah memberikan lampu hijau kepada pasukannya di Timur Tengah untuk menyerang Houthi.

Tak lama setelah laporan itu Reuters Sementara itu, puluhan ledakan besar dilaporkan terdengar dari Hodeidah hingga ibu kota Sana’a.

Ketika ditanya tentang potensi serangan AS terhadap kelompok Houthi di Yaman sebelum serangan itu dilaporkan, juru bicara Keamanan Nasional John Kirby mengatakan dia tidak akan mengatakan kapan operasi militer itu akan dilakukan.

“Kami tidak akan mengirimkan serangan kami ke sini dengan cara apa pun. Kami akan melakukan apa yang harus kami lakukan untuk melawan dan mengalahkan ancaman yang terus ditimbulkan oleh Houthi terhadap pelayaran komersial di Laut Merah,” kata Kirby.

Sementara itu, pejabat Houthi, Abdul Qader Al Mortada, melalui akun X miliknya mengatakan, serangan terjadi di beberapa kota di Yaman pada Jumat dini hari waktu setempat.

“Invasi Amerika-Zionis-Inggris ke Yaman melancarkan beberapa serangan di ibu kota, Sanaa, Kegubernuran Hodeidah, Saada, dan Dhamar,” kata Al-Mortada di X.

Serangan AS dan Inggris terjadi setelah Houthi menembakkan sekitar 21 rudal dan drone ke beberapa kapal perang AS dan AS di Laut Merah pada Selasa pekan ini.

Serangan AS dan Inggris ini menandai eskalasi baru perang Hamas vs Israel yang meluas sejak 7 Oktober.

Sejak Israel mengalahkan Hamas di Gaza, Houthi telah melancarkan serangkaian serangan terhadap negara Zionis tersebut.

Belakangan, Houthi meningkatkan serangannya terhadap Israel dengan mulai menyerang dan menyita kapal-kapal komersial yang terhubung dengan Israel yang melewati Laut Merah. Kelompok Houthi mengatakan serangan itu ditujukan untuk membela Palestina yang masih diserang secara brutal oleh Israel.

(rds)

[Gambas:Video CNN]

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);