Berita Pemilu Inggris Catat Rekor, Caleg Muslim Banyak Masuk Parlemen

by


Jakarta, Pahami.id

Sebanyak 25 politisi Muslim meraih kursi dalam pemilihan parlemen Bahasa inggrissebuah prestasi yang mencatatkan rekor sejarah di Tanah Air sejak tahun 2019.

Outlet berita Muslim, Muslim Network, melaporkan bahwa dari mereka yang terpilih, 18 orang berasal dari Partai Buruh, dua dari Partai Konservatif, satu dari Demokrat Liberal dan empat dari independen.


Mereka terpilih menjadi anggota House of Commons, majelis rendah parlemen Inggris, dimana pada tahun 2019 hanya terdapat 19 umat Islam.

Sebagaimana dilaporkan Agensi AnadoluDukungan Muslim terhadap Jalur Gaza Palestina sangat mempengaruhi pemilu tersebut.

Di Inggris, terdapat 3,4 juta umat Islam yang tinggal di berbagai wilayah.

Pemilu ini juga menandai peristiwa penting dalam lanskap politik Inggris, yang mencerminkan meningkatnya keberagaman dan dampak komunitas Muslim terhadap politik Inggris.

Pemilu di Inggris juga mencatat kemenangan Partai Buruh pimpinan Keir Starmer. Kursi Perdana Menteri juga akan menjadi milik Starmer, menggantikan Rishi Sunak yang kalah dalam pemilu.

Berbeda dengan Sunak, Starmer menegaskan dirinya mendukung penuh kemerdekaan Palestina dengan tetap berpegang pada Solusi Dua Negara.

Ia juga berencana mencabut permintaan agar Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) menunda mengeluarkan surat perintah penangkapan terhadap Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu.

(blq/baca)