Berita Pejabat AS ke Saudi Usai Biden Tegur Netanyahu soal Bom Asal-asalan

by


Jakarta, Pahami.id

Putra Mahkota Arab Saudi Muhammad Bin Salman (MBS) menjadi tuan rumah bagi Penasihat Keamanan Nasional Gedung Putih Jake Sullivan setelah Presiden AS Joe Biden diperingatkan Israel tentang pemboman sembarangan di Gaza.

Arab Saudi dan AS bertemu untuk membahas perang di Gaza dan upaya menciptakan perdamaian berkelanjutan antara Israel dan Palestina.

Pertemuan tersebut diadakan sebelum para pejabat AS menuju ke Israel untuk melakukan pembicaraan dengan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dan anggota kabinet perang.


Dikutip Al Jazeera Dari pernyataan Gedung Putih, MBS dan Sullivan membahas beberapa masalah bilateral dan regional termasuk upaya menciptakan perdamaian abadi antara Israel dan Palestina.

Mereka juga membahas respons kemanusiaan di Gaza yang mencakup peningkatan aliran bantuan penting ke wilayah yang kini dikepung Israel.

Normalisasi hubungan antara Saudi dan Israel, serta mencegah serangan Houthi terhadap kapal komersial di Laut Merah juga menjadi agenda diskusi.

Sebelumnya, Biden memperingatkan Israel mengenai pemboman tanpa pandang bulu yang dilakukan Israel terhadap warga sipil di Gaza.

“[Israel] mendapatkan dukungan dari sebagian besar negara di dunia. [Tetapi] mereka mulai kehilangan dukungan karena pengeboman tanpa pandang bulu,” kata Biden dalam acara penggalangan dana politik, Selasa (12/12).

Pernyataan tersebut juga menyatakan bahwa Israel tidak bisa mengatakan tidak kepada negara Palestina yang ditentang oleh kelompok garis keras Israel termasuk pemerintahan Netanyahu.

Washington telah menyerukan selama berminggu-minggu agar Israel lebih berhati-hati untuk menghindari jatuhnya korban sipil. Saat ini, lebih dari 18 ribu warga Palestina tewas dan hampir 50 ribu lainnya luka-luka akibat serangan Israel di Gaza sejak 7 Oktober.

Gedung Putih menjelaskan, Sullivan akan berdiskusi dengan Israel mengenai serangan terhadap kubu Hamas agar tidak memakan banyak korban sipil.

(nv/nv)


!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);