Berita Paus Fransiskus Lanjut ke Timor Leste, 1.000 WNI Diprediksi ke Dili

by


Jakarta, Pahami.id

Pemimpin Gereja Katolik di seluruh dunia Paus Fransiskus melanjutkan perjalanan kerasulannya ke Timor Leste besok, Senin (9/9).

Kepala Kantor Imigrasi Atambua Indra Maulana Dimyati memperkirakan sekitar 1.000 warga negara Indonesia (WNI) akan mengunjungi ibu kota Timor Leste, Dili, untuk menyambut Paus Fransiskus.

Indra mengatakan, para jamaah haji akan melintasi Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Mota Ain menuju Timor Leste mulai Sabtu (7/9) hingga hari ini, Minggu (8/9).


“Kami memperkirakan jumlah umat yang menghadiri Misa Kudus Paus Fransiskus di Dili, Timor Leste mencapai 1.000 orang,” kata Indra, dikutip di antaraJumat (6/9).

Ia memperkirakan dua hari ini akan menjadi puncak kunjungan WNI ke Timor Leste.

Indra juga mengatakan Imigrasi Atambua siap melayani jemaah haji yang ingin menyeberang ke negara tetangga, Indonesia.

Imigrasi, lanjutnya, telah mengerahkan sekitar 80 personel. Mereka tersedia dari Jumat hingga 12 September.

Paus Fransiskus akan terbang ke Timor Leste pada 9 September. Dia akan berada di sana hingga 11 September 2024.

Selama di Timor Leste, Paus akan bertemu dengan anak-anak penyandang disabilitas, uskup agung dan tokoh agama, serta menghadiri misa suci di Dili.

Saat ini Paus masih berada di Papua Nugini. Di sana, pemimpin Katolik itu juga bertemu dengan tokoh agama, anak-anak, dan menghadiri misa suci.

Sebelum berangkat ke Papua Nugini, Paus berada di Indonesia pada 3-6 September. Di negeri ini, ia mengaku bahagia karena keramahan masyarakatnya dan bertemu banyak anak.

(isa/wiw)