Berita Para Ahli Nuklir Rusia Kunjungi RI, Ada Apa?

by


Jakarta, Pahami.id

Sejumlah ahli nuklir Rusia dari ROSATOM Badan Tenaga Atom Nasional mengunjungi Indonesia pada 4-8 Maret.

Kedutaan Besar Rusia di Indonesia mengatakan pakar tersebut datang ke seminar yang diselenggarakan Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Badan Riset dan Inovasi Nasional Indonesia (BRIN).


“Para ahli dari Perusahaan Tenaga Atom Negara ROSATOM menghadiri seminar khusus yang membahas tentang teknologi modern di bidang pembangunan pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) skala kecil,” kata Kedutaan Besar Rusia di Indonesia melalui postingan Instagram pada Jumat (15/3). ).

Kedutaan Besar Rusia menjelaskan bahwa para pembicara bertukar pengetahuan dan pengalaman unik ROSATOM dalam mengoperasikan reaktor modular kecil, serta teknologi nuklir menjanjikan lainnya.

Perwakilan ROSATOM di Indonesia, Anna Belokoneva mengatakan, para ahli dari Indonesia juga memaparkan rencananya untuk memulai pembangunan fasilitas tenaga nuklir pertama pada tahun 2032.

“ROSATOM siap bekerja sama dengan Indonesia dalam segala aspek yang kami tawarkan. Kami yakin teknologi ROSATOM, termasuk pembangkit listrik tenaga nuklir skala kecil, dapat menjadi pilihan yang baik untuk menambahkan pembangkit nuklir ke dalam bauran energi Indonesia,” kata Belokoneva.

November lalu, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan Indonesia akan segera mengembangkan pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN). Mereka menargetkan pembangkit listrik tenaga nuklir bisa dikomersialkan pada tahun 2032.

“Pengembangan energi nuklir direncanakan komersial pada tahun 2032 untuk meningkatkan keandalan sistem ketenagalistrikan,” kata Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Jisman Parada Hutajulu dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi VII DPR RI di Jakarta Pusat, Kamis (16/11).

“Kapasitas (PLTN) akan ditingkatkan menjadi 9 gigawatt (GW) pada tahun 2060,” lanjutnya.

[Gambas:Instagram]

(rds)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);