Berita Papua Jadi Fokus dan Perhatian Pemerintah Saat Pilkada 2024

by


Jakarta, Pahami.id

kata Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Hadi Tjahjanto Papua merupakan salah satu bidang yang menjadi fokus dan perhatian pemerintah pada Pilkada 2024.

Dikatakannya, situasi dan situasi stabilitas politik, peraturan perundang-undangan, dan keamanan perlu mendapat perhatian khusus jelang Pilkada di Papua, agar tahapan Pilkada dapat berjalan aman dan lancar.

“Persiapan yang matang perlu dilakukan khususnya di wilayah Papua sebagai salah satu wilayah yang menjadi fokus dan perhatian pemerintah,” kata Hadi dalam keterangan tertulisnya, Selasa (28/5).


Selain itu, kata dia, perlu diantisipasi berbagai potensi permasalahan dan kelemahan yang mungkin terjadi, misalnya gangguan keamanan, kendala fasilitas seperti sarana dan prasarana hingga distribusi logistik.

<!–

ADVERTISEMENT

/4905536/CNN_desktop/cnn_nasional/static_detail

–>

Diperlukan langkah-langkah strategis melalui sinergi antara pemerintah, penyelenggara pemilu, peserta pemilu, dan masyarakat luas untuk mensukseskan Pilkada 2024, ujarnya.

Pilkada di Papua akan dilaksanakan di Provinsi Papua, Provinsi Papua Barat, Provinsi Papua Selatan, Provinsi Papua Pegunungan, dan Provinsi Papua Barat Daya.

Tahapan Pilkada 2024 sudah dimulai dengan terpenuhinya kebutuhan dukungan dari pasangan calon perseorangan.

Selanjutnya seluruh tahapan akan berlanjut hingga dilakukan pemungutan suara dan ditutup dengan penghitungan suara.

“Kami tentu berharap setiap tahapan Pilkada 2024 berjalan lancar dan aman serta tidak ada kendala dalam pelaksanaannya,” kata Hadi.

Sementara itu, Hadi akan menghadiri Rakor dengan tema “Kesiapan Menyelenggarakan Pemilu Serentak Tahun 2024 di Provinsi Papua” pada Rabu (29/5).

Rapat yang digelar di Papua rencananya akan dihadiri Menteri Dalam Negeri, Kapolri, Panglima TNI, Ketua KPU, dan Ketua Bawaslu.

Selain itu, hadir juga perwakilan partai politik, Forkompimda dan tokoh masyarakat.

Sebelumnya Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto mengatakan, TNI telah memetakan 15 daerah yang memiliki tingkat kerawanan tinggi pada Pilkada Serentak 2024.

Enam provinsi di Papua termasuk wilayah dengan tingkat kerentanan tinggi.

Sedangkan sembilan provinsi lainnya adalah Aceh, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Maluku, dan Maluku Utara.

Agus menjelaskan, setiap daerah mempunyai jenis kelemahan yang berbeda-beda. Mulai dari potensi konflik isu SARA atau bentrokan antar suporter fanatik.

(kamu/wiw)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);