Berita Obama sampai Pelosi Belum Dukung Kamala Harris Ganti Biden di Pilpres

by


Jakarta, Pahami.id

Dua tokoh penting Partai Demokrat, mantan Presiden Amerika Serikat Barrack Obama dan mantan Ketua DPR Nancy Pelosi tidak menyatakan dukungannya Kamala Harris yang digadang-gadang kuat menggantikan Presiden Joe Biden sebagai calon presiden AS.

Faktanya, beberapa pejabat Demokrat lainnya telah menyatakan dukungannya terhadap Harris setelah Biden secara resmi mengumumkan pengunduran dirinya dari pemilihan presiden pada 5 November.


Dalam keterangan tertulisnya di platform Medium, Obama juga mengomentari pengunduran diri mantan wakil presidennya sebagai calon dari Partai Demokrat pada pemilu presiden AS tahun ini.

“Kita akan menghadapi situasi yang belum pernah terjadi sebelumnya. Namun saya memiliki keyakinan besar bahwa para pemimpin partai kita akan mampu menciptakan proses yang akan menghasilkan calon (presiden) yang luar biasa,” kata Obama seperti dikutip. Waktu New York pada Minggu (22/7).

“Joe Biden telah menjadi salah satu presiden Amerika yang paling berpengaruh, serta sahabat dan sahabat saya,” kata Obama.

Namun dalam pernyataannya, Obama tidak mengatakan apa-apa mengenai Kamala Harris yang digadang-gadang akan menggantikan Biden. Bahkan, sang presiden sendiri sudah menyatakan dukungannya kepada Harris untuk terus berjuang melawan Donald Trump pada pemilu presiden mendatang.

Selain Obama, tokoh senior Demokrat lainnya yang berpengaruh, Pelosi, juga tidak mengomentari potensi Harris untuk maju sebagai calon presiden dari Partai Demokrat.

“Presiden Joe Biden adalah seorang Amerika patriotik yang selalu mengutamakan negara kita. Warisan visi, nilai-nilai dan kepemimpinannya menjadikannya salah satu Presiden paling berpengaruh dalam sejarah Amerika. Dengan cinta dan terima kasih kepada Presiden Biden karena selalu percaya pada janji Amerika. dan memberikan kesempatan kepada orang-orang untuk mencapai kepuasan mereka,” kata Pelosi di X.

Sama seperti Obama, Pelosi juga tidak mengatakan apa-apa tentang Harris atau calon lain yang berpotensi menggantikan Biden di Pilpres AS.

Sejauh ini, tokoh-tokoh Demokrat berpengaruh yang menyatakan dukungannya terhadap Harris dalam pemilihan presiden AS antara lain mantan Presiden Bill Clinton dan istrinya yang juga calon presiden AS, Hillary Clinton, dan beberapa anggota Kongres.

(rds)