Berita Netanyahu Puja-puji Trump di Depan Kongres AS

by


Jakarta, Pahami.id

Perdana Menteri Israel Benyamin Netanyahu memuji calon presiden Amerika Serikat (AS) dari Partai Republik. Donald Trump saat berbicara di hadapan Kongres AS pada Rabu (24/7), waktu setempat.

Dilaporkan AFPNetanyahu memuji Trump atas dukungannya terhadap Israel.

“Saya… ingin mengucapkan terima kasih kepada Presiden Trump atas semua yang telah dilakukannya untuk Israel. Mulai dari mengakui kedaulatan Israel atas Dataran Tinggi Golan, menghadapi agresi Iran, hingga mengakui Yerusalem sebagai ibu kota negara kami dan memindahkan kedutaan besar Amerika ke sana,” ujarnya. depan Netanyahu. anggota Kongres AS.


Di tempat yang sama, Netanyahu juga mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joe Biden atas upayanya membebaskan sandera yang disandera Hamas.

“Saya ingin berterima kasih kepada Presiden Biden atas upayanya yang tak kenal lelah demi para sandera,” kata Netanyahu, mengacu pada orang-orang yang ditangkap oleh Hamas dalam serangan militan yang mengejutkan pada Oktober 2023.

Trump dan Netanyahu memang memiliki hubungan dekat. Meski begitu, pemimpin Israel itu membuat Trump marah karena mengucapkan selamat kepada Joe Biden saat memenangkan pemilu presiden 2020.

Minggu ini, Trump berencana menjamu Netanyahu di resor pribadinya di Palm Beach, Florida.

“Menantikan kedatangan Bibi Netanyahu di Mar-a-Lago di Palm Beach, Florida,” kata Trump dalam postingan di Truch Social, seperti dikutip Reuters.

Pertemuan ini akan menjadi yang pertama setelah berakhirnya masa kepresidenan Trump pada tahun 2020.

Sementara itu, kedatangan Netanyahu ke AS pada pekan ini disambut dengan demonstrasi ratusan komunitas Yahudi yang menggelar aksi protes di rotunda Capitol Hill pada Selasa (23/7) sore.

Ratusan pengunjuk rasa meminta AS untuk mengembargo pengiriman senjata ke Israel sebagai protes atas agresi brutal Tel Aviv terhadap Jalur Gaza Palestina sejak Oktober 2023.

(sfr)