Berita Netanyahu Protes Rusia Dukung Palestina, Dibalas Putin via Telepon

by


Jakarta, Pahami.id

Perdana Menteri Israel Benyamin Netanyahu protes kepada Presiden Vladimir Putin atas dukungan Rusia terhadap Palestina dan meminta gencatan senjata di Jalur Gaza, Palestina.

Putin juga menanggapi keluhan Netanyahu melalui percakapan telepon.


Dalam percakapan telepon selama 50 menit, Netanyahu menyatakan ketidaksenangannya atas dukungan Kremlin terhadap resolusi tersebut, yang diveto oleh Amerika Serikat.

“Perdana Menteri [Benjamin Netanyahu] menyatakan kekecewaannya terhadap sikap anti-Israel dari perwakilan Rusia di PBB dan forum lainnya,” kata Kantor Perdana Menteri Netanyahu dalam sebuah pernyataan. Zaman IsraelMinggu (10/12).

Dalam pemungutan suara di New York, Jumat (8/12), AS membatalkan resolusi yang mendesak gencatan senjata kemanusiaan di Jalur Gaza dengan menggunakan hak vetonya. Rancangan yang diusulkan oleh Uni Emirat Arab dan didukung oleh 13 negara anggota gagal diadopsi karena hal ini.

Lebih lanjut, dalam percakapan telepon antara Netanyahu dan Putin, PM Israel juga menyampaikan kritik keras terhadap eratnya hubungan Rusia dan Iran.

Sejak invasi Israel ke Gaza dilancarkan menyusul invasi Hamas pada 7 Oktober, Rusia berulang kali mengkritik Israel, termasuk di Dewan Keamanan PBB, atas kebrutalan tentara Zionis terhadap rakyat Gaza.

Pada saat yang sama, Rusia juga menjadi tuan rumah bagi pemimpin kelompok Hamas pada bulan Oktober, yang diyakini banyak orang ada hubungannya dengan hubungan persahabatannya dengan Iran. Iran adalah sekutu Hamas.

Meski Rusia dan Iran memang dekat, salah satunya terlihat dari drone Iran yang digunakan Rusia untuk melawan Ukraina.

Meski memprotes, Netanyahu juga menyampaikan apresiasinya kepada Putin terkait upaya Moskow membebaskan Roni Krivoi, warga negara ganda Israel-Rusia yang disandera Hamas.

Dia juga mendesak Putin untuk memberikan tekanan pada Palang Merah Internasional, yang menurutnya tidak berbuat banyak untuk membebaskan para sandera, lapornya. Zaman Israel.

Secara terpisah, menurut kantor berita Rusia TASSPutin mengatakan kepada Netanyahu bahwa Kremlin menolak kekerasan, namun tidak mendukung situasi yang “mengerikan” bagi warga sipil Gaza.

“[Moskow] siap memberikan segala bantuan yang mungkin untuk meringankan penderitaan warga sipil dan mengurangi konflik,” demikian pernyataan Kremlin seperti dikutip TASS.

(isa/bac)

[Gambas:Video CNN]


!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);