Berita Netanyahu dan Menhan Israel Berselisih soal Gencatan Senjata di Gaza

by


Jakarta, Pahami.id

Terjadi perselisihan antara Perdana Menteri Israel Benyamin Netanyahu dan Menteri Pertahanan Yoavi Gallant tentang persyaratan gencatan senjata dan perjanjian penyanderaan di Gaza, Palestina.

Beberapa pemberitaan media Israel menyebutkan keduanya bentrok saat rapat kabinet keamanan Israel pada Kamis malam (29/8).

CNN Laporan Netanyahu dan Gallant dikatakan berdebat sengit mengenai apakah dalam perjanjian gencatan senjata, pasukan Israel harus meninggalkan Koridor Philadelphia, jalur sepanjang 14 kilometer yang membentang di sepanjang perbatasan antara Gaza dan Mesir.


Koridor Philadelphia saat ini dikuasai oleh pasukan IDF Israel.

Pengerahan pasukan Israel di sepanjang koridor selama tahap pertama perjanjian gencatan senjata telah menjadi titik pertikaian utama antara Israel dan Hamas, dan Hamas mengatakan pasukan Israel harus mundur dari zona perbatasan.

Menurut beberapa sumber, Netanyahu membuat peta yang menunjukkan bagaimana IDF harus tetap berada di koridor selama fase pertama kesepakatan.

Tujuannya untuk mencegah Hamas terus menyelundupkan senjata melalui terowongan di bawah koridor.

“Saya ingin menyampaikan keputusan mengenai sisa pasukan IDF di Koridor Philadelphia untuk mendapatkan persetujuan Kabinet,” kata Netanyahu.

Namun Gallant menyela dan mengatakan, “Artinya adalah Hamas tidak akan menyetujuinya, sehingga tidak akan ada kesepakatan dan tidak ada sandera yang akan dibebaskan.”

Dia juga menuduh Netanyahu membuat peta yang berbeda dari peta yang disukai oleh perunding Israel di Kairo.

Netanyahu dengan marah menolak klaim tersebut, namun Gallant tetap bersikeras.

“Tentu saja Anda memaksakannya. Anda sendiri yang melakukan negosiasi. Sejak Anda membubarkan Kabinet Perang, kami mendengar semuanya setelah kejadian tersebut.”

Gallant tampak mendapat dukungan dari Kepala Staf Umum Herzi Halevi yang hadir dalam pertemuan tersebut. Dia dilaporkan mengatakan bahwa IDF dapat menarik diri dari koridor tersebut dan kembali “pada akhir gencatan senjata enam minggu. Ada cukup banyak hambatan dalam negosiasi, tidak perlu menambah hambatan lagi.”

Menurut laporan yang diterbitkan, Gallant pernah berkata bahwa “perdana menteri memang dapat membuat semua keputusan, dan dia juga dapat membuat keputusan untuk membunuh semua sandera,” yang memicu komentar dari menteri lainnya.

Dia menambahkan bahwa “30 nyawa dipertaruhkan.” Gallant menambahkan bahwa pada akhirnya Sinwar akan mengambil keputusan untuk Anda dan Anda akan mengambilnya kembali,” mengacu pada pemimpin Hamas Yahya Sinwar, yang diyakini bersembunyi di Gaza.

Netanyahu dalam tanggapannya dilaporkan bersikeras bahwa tidak ada yang mendikte dia, dengan mengatakan “hanya negosiasi lanjutan yang akan membuat dia (Sinwar) menyerah.”

Kabinet terus memberikan suara pada peta yang disajikan oleh Netanyahu, menyetujuinya dengan suara delapan berbanding satu, dengan Gallant satu-satunya yang tidak setuju.

Menteri Keamanan Nasional sayap kanan Itamar Ben Gvir abstain dalam pemungutan suara. Media Israel mengutip sumber-sumber dekat dengannya yang mengatakan dia menentang pengurangan bertahap jumlah pasukan di koridor tersebut.

Seorang pejabat Israel mengatakan kepada CNN pada hari Sabtu bahwa mereka tidak dapat mengomentari peta yang disajikan pada pertemuan tersebut, namun menegaskan bahwa Netanyahu meminta kabinet untuk mengadakan pemungutan suara mengenai sisa pasukan di koridor Philadelphia.

(pua/pua)