Berita Nestapa Umat Kristiani Palestina Natalan di Tengah Agresi Israel

by

Daftar isi


Jakarta, Pahami.id

Tanggal 25 Desember selalu dipenuhi dengan kegembiraan Natal. Kegembiraan ini datang sebagai perayaan kelahiran Yesus di antara umat manusia berabad-abad yang lalu.

Namun keceriaan Natal yang penuh dengan lampu warna-warni, hiasan pohon, dan kue Natal tahun ini tidak terlihat di antara 50 ribu umat Kristiani Palestina.

Kegembiraan Natal mereka di tahun 2023 sirna, apalagi setelah Gereja Ortodoks Yunani Saint Porphyrius dibom Israel pada Oktober lalu.


Peristiwa tersebut tidak hanya merusak gereja tertua di Gaza, tapi juga menewaskan 18 orang termasuk anak-anak.

Bahkan, tahun demi tahun umat Kristiani di Gaza biasanya merayakan Natal dengan penuh suka cita dan berbagai ritual menyenangkan. Namun, semua ritual tersebut tahun ini akan digantikan dengan upacara sederhana, berkabung dan berdoa, yang menyoroti realitas yang terjadi di wilayah tersebut.

Sebuah festival yang ‘tidak dirayakan’ di Palestina

Natal dari tahun ke tahun di Palestina merupakan perayaan besar yang dirayakan oleh semua orang. Bahkan, Natal sudah menjadi hari libur nasional bagi seluruh warga Palestina, tidak hanya umat Kristiani, namun seluruh agama yang ada di Tanah Air.

Otoritas Palestina bahkan menganggapnya sebagai hari libur nasional. Saat Natal, kantor-kantor pemerintah biasanya tutup untuk menghormati perayaan umat Kristiani.

Bahkan, sebagian umat Islam di Palestina juga akan berkunjung ke Betlehem. Mereka menghadiri pawai dan berfoto dengan pohon Natal.

“Bagaimanapun, Yesus datang dari Betlehem. Dan ini sangat berarti bagi kami orang Palestina,” kata Pendeta di Palestina, Pastor Munther Isaac.

Tradisi unik dan menyenangkan ini kini harus diubah. Natal tak lagi penuh suka cita, namun penuh duka dan duka di Palestina.

Parade dan prosesi Natal ini suram dan menyedihkan

Salah satu upacara Natal terpenting di Palestina adalah prosesi bapak negara dari Yerusalem. Mengutip Al-Jazeera, proses ini berlangsung pada 24 Desember bagi umat Katolik dan 6 Januari bagi para patriark Ortodoks.

Dalam prosesi ini, Patriark akan diterima dari Yerusalem di Betlehem. Kemudian mereka akan berjalan melalui jalan-jalan kota tua di Betlehem hingga mencapai Gereja Kelahiran, tempat diadakannya doa massal.

Sekalipun tidak terjadi perang, otoritas Israel dan polisi Palestina akan mengawasi aktivitas tersebut, tergantung wilayah mana yang dilalui dalam prosesnya. Tentunya bagi masyarakat khususnya umat Kristiani, kedatangan pawai ini merupakan sebuah perayaan yang patut dirayakan.

Mereka juga disambut oleh beberapa kelompok pramuka dan grup musik se-Palestina. Orang-orang akan meninggalkan rumah mereka untuk berjalan-jalan di kota, menyaksikan semangat Natal yang penuh kegembiraan.

Sayangnya, di tengah perang, aksi ini terus berlanjut. Namun, resepsinya sepi dan terkesan suram. Faktanya, belum ada band dan kelompok pramuka yang biasa menciptakan kehangatan Natal.

Misa Tengah Malam dan Manger Square tanpa pohon Natal

Saat prosesi tiba di gereja, doa akan dilanjutkan tepat pukul 17.00 waktu setempat. Kegiatan tersebut juga akan berlangsung hingga tengah malam dan akan disiarkan untuk disaksikan banyak orang.

Bahkan Manger Square di Bethlehem juga akan dihiasi dengan pohon Natal berukuran besar serta berbagai pertunjukan lainnya untuk menambah kemeriahan. Tentu saja tahun ini tidak ada pohon Natal yang besar, bahkan yang kecil pun di Manger Square.

“Masyarakat sipil dan beberapa seniman sedang mengerjakan buaian baru yang terbuat dari puing-puing sebagai tanda atas apa yang terjadi di Gaza,” kata biksu gereja Palestina tersebut.

Natal tanpa belanja dan berkumpul

Isaac tahu bahwa Natal dulunya penuh dengan kegembiraan, berbelanja di Betlehem adalah salah satu ritual penting yang sering dilakukan Isaac dan keluarganya, sebelum Israel menyerang kota mereka.

Dulu, beberapa pasar menjual pakaian dan dekorasi perayaan untuk musim liburan. Merupakan tradisi untuk membeli pakaian terbaik dari Yerusalem dan menyimpannya untuk Natal.

“Anda tahu bagaimana di Amerika Anda pergi ke mal besar? Kami biasa pergi ke Yerusalem. Kami tidak bisa berbuat apa-apa lagi,” kata Isaac, merujuk pada peraturan perizinan yang ketat di wilayah tersebut, yang membatasi mobilitas warga Palestina.

Natal adalah tentang kegembiraan dan kegembiraan. Pohon Natal yang besar menjadi pusat perhatian di setiap gereja tempat diadakannya pesta dan pesta.

Tahun ini, pestanya dibatalkan dan “tidak ada yang tertarik mendekorasi pohon Natal,” kata Isaac.

(tst/Agustus)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);