Berita ‘Neraka’ Badai Helene Terjang Florida AS, 3 Orang Tewas

by


Jakarta, Pahami.id

Akibatnya, sedikitnya tiga orang tewas Badai Helene dengan Kategori 4 melanda negara bagian Florida, Amerika Serikat, pada Kamis (26/9).

CNN melaporkan satu kematian dari Florida dan dua dari negara bagian Georgia.


Menurut Gubernur Florida Ron DeSantis, satu orang tewas setelah rambu jalan jatuh dan menabrak mobil di Interstate 4 dekat Ybor City, Tampa.

Sementara itu, menurut Wali Kota Alamo, Georgia, dua warga meninggal dunia setelah tertimpa angin puting beliung terkait Badai Helene.


Badai Helene menghantam dekat Perry, Florida, pada hari Kamis, dengan intensitas Kategori 4.

Badai berkecepatan 140 mph adalah yang terkuat yang pernah melanda Big Bend Florida.

Kategori 4 sendiri berarti badai tersebut dapat menimbulkan bencana, seperti bangunan rusak parah, pohon tumbang dan kabel listrik, pasokan air dan listrik terputus selama berbulan-bulan, sehingga wilayah yang terkena dampak paling parah tidak dapat dihuni selama berminggu-minggu.

Beberapa maskapai penerbangan di AS juga menghentikan operasinya, terutama untuk tujuan dari dan ke Florida. Sekolah dan kantor di beberapa daerah juga ditutup, dan listrik dilaporkan padam.

Presiden Joe Biden telah memperingatkan masyarakat, terutama warga Florida, untuk menjauhi jalur badai dan mengikuti perintah pemerintah setempat. Warga juga diminta patuh saat diminta pindah.

(rds)