Berita Negosiasi Gencatan Senjata di Gaza Berlanjut Minggu Depan

by


Jakarta, Pahami.id

Kantor Perdana Menteri Israel Benyamin Netanyahu mengatakan pemimpin Mossad David Barnea telah meninggalkan Doha, Qatar setelah pertemuan membahas rencana gencatan senjata dan pembebasan sandera di Gaza.

“Konsultasi akan dilanjutkan minggu depan,” kata pejabat itu, Jumat (5/7). dipilih dari Al Jazeera.

Delegasi baru dari Israel akan dikirim. Dalam keterangannya, pihak kantor juga menyebut masih ada kesenjangan antara kedua pihak.


Upaya baru untuk mengakhiri pertumpahan darah di Gaza terjadi setelah Hamas mengatakan pihaknya memberikan “gagasan” baru kepada mediator tentang bagaimana mencapai kesepakatan akhir.

Delegasi Israel yang dipimpin oleh David Barnea telah meninggalkan Doha setelah bertemu dengan mediator Qatar mengenai perundingan gencatan senjata di Gaza, kata sumber kepada Reuters Dan Zaman Israel.

Pemimpin Mossad Israel telah melakukan perjalanan di tengah seruan baru untuk mengakhiri pertumpahan darah di Gaza ketika Israel dan Hamas melanjutkan pembicaraan dengan mediator.

Hal ini terjadi setelah Hamas pada hari Rabu mengatakan pihaknya menyampaikan “gagasan” baru kepada mediator Qatar, Mesir dan Turki tentang cara mencapai kesepakatan gencatan senjata dan pertukaran tahanan.

Sebanyak 38.011 orang di Palestina tewas menyusul serbuan brutal tentara Israel ke Jalur Gaza sejak Oktober 2023. Jumlah korban tewas bertambah setelah tentara Israel melancarkan serangan udara pada Kamis (4/7) malam waktu setempat.

(tim/fra)