Berita NasDem Sentil Putusan Batas Usia Calon Kepala Daerah: Jangan Mengakali

by


Jakarta, Pahami.id

DPP NasDem mengkritisi keputusan tersebut Mahkamah Agung (MA) yang mengabulkan permintaan Pihak Garuda Republik Indonesia (Garuda) mengenai aturan batasan usia minimal. calon bupati. Ketua DPP NasDem Sugeng Suparwoto mewanti-wanti semua partai agar tidak mengelak dari aturan pencalonan tokoh tertentu.

“Kami rasa tidak perlu, mereka semua bekerja sama dalam tanda kutip untuk mengabaikan aturan hanya demi kepentingan itu. Badu Sutonoyo Dadapwaru Bisa mencalonkan, kata Sugeng di Menara NasDem, Jakarta, Kamis (30/5).

Sugeng juga menyinggung keputusan Mahkamah Konstitusi mengenai batasan usia calon presiden dan wakil presiden dan lebih lanjut terkait dengan keputusan Mahkamah Agung. Ia mengatakan, hal serupa tidak boleh terjadi lagi. Apalagi, menurutnya, keputusan Mahkamah Konstitusi mengenai batasan usia calon presiden dan wakil presiden menimbulkan dampak sosial yang menimbulkan kerugian.


“Kasihan kalau seperti itu, mohon maaf di sini saya mau bilang kalau yang kemarin sudah cukup. Cukup sudah, mahal banget, biaya psikologi sosialnya mahal banget,” tuturnya.

<!–

ADVERTISEMENT

/4905536/CNN_desktop/cnn_nasional/static_detail

–>

Sebelumnya, putusan MA tertuang dalam Putusan Nomor. 23 P/HUM/2024 yang diputus oleh Majelis Hakim pada Rabu, 29 Mei 2024. Ketua majelis yang memutus adalah Yulius dan anggota majelis Cerah Bangun. Keputusan tersebut telah dimuat di situs resmi Mahkamah Agung.

Dengan putusan tersebut, Mahkamah Agung mengubah ketentuan dari semula syarat calon gubernur dan calon wakil gubernur harus berusia minimal 30 tahun terhitung sejak pasangan calon ditetapkan setelah pasangan calon ditetapkan.

Mahkamah Agung juga memerintahkan KPU RI mencabut Pasal 4 ayat (1) huruf d PKPU Nomor 9 tentang Pencalonan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota.

(mab/DAL)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);