Berita Nana Sudjana Raih Most Inspiring Leader dari CNN Indonesia Awards

by


Semarang, Pahami.id

Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sujana mendapat penghargaan khusus untuk kategori Most Inspirational Leader dalam acara tersebut Penghargaan Pahami.id 2024.

Piala apresiasi diserahkan oleh Chairman CT Corp Chairul Tanjung kepada Nana Sudjana pada malam apresiasi yang digelar di Semarang, Rabu (14/8), malam.

Kata Nana, penghargaan ini diserahkannya kepada seluruh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.


“Penghargaan ini saya persembahkan kepada seluruh OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan seluruh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, karena telah menjalankan seluruh tugasnya dengan baik,” kata Nana saat menerima penghargaan.

“Saya sebagai Pj Gubernur mengucapkan terima kasih. Saya berharap penghargaan ini dapat memberikan motivasi kepada kita, dan tentunya ke depan harus lebih baik lagi.”

Nana Sudjana menjabat Pj Gubernur Jawa Tengah sejak 6 September 2023. Ia juga menjabat Inspektur Utama Sekretariat Jenderal DPR.

Nana merupakan mantan Kapolda Metro Jaya yang juga menjabat Inspektur Utama Sekretariat Jenderal DPR RI. Nana pensiun dengan pangkat Komisaris Jenderal (Komjen) alias Polri bintang tiga.

Nana merupakan lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) pada tahun 1988. Kariernya di kepolisian pun berkembang pesat. Pada tahun 2015, beliau diangkat menjadi Wakapolda Jambi, kemudian Wakil Kapolda Jawa Barat pada tahun 2016, dan tak lama kemudian diangkat menjadi Direktur Politik Baintelkam Polri.

Tiga tahun kemudian, pada April 2019, Nana diangkat menjadi Kapolres Wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB). Kurang dari setahun kemudian, ia kembali ditempatkan di ibu kota untuk menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya pada Januari 2020.

Kemudian Nana menjadi Koordinator Staf Ahli Irjen Polisi (Koorsahli). Karier Nana berlanjut. Pada Februari 2021, ia diangkat menjadi Kapolda Sulawesi Utara.

Setelah itu, pada Oktober 2021, Nana dilantik menjadi Kapolda Sulawesi Selatan yang merupakan jabatan terakhir sebelum dilantik menjadi Inspektur Utama Sekretariat Jenderal DPR RI pada 5 April 2023.

Anugerah Pahami.id Jawa Tengah ini mengangkat tema “Dari Jawa Tengah Menuju Indonesia Gemilang.”

Upacara ini juga dihadiri oleh Chairman dan Founder CT Corp Chairul Tanjung, Jaksa Agung Burhanuddin ST, Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana.

Selain itu, turut hadir Kepala Kejaksaan (Kajati) Jateng Ponco Hartanto, Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana, Ketua DPRD Jateng Sumanto, Kapolda Jateng Irjen Ribut Hari. Wibowo, dan beberapa pejabat lainnya.

Sebelumnya, ajang Pahami.id Awards yang pertama diadakan di Makassar, Sulawesi Selatan pada Maret 2024. Disusul acara kedua yang digelar di Denpasar, Bali pada Mei 2024.

Kemudian Pahami.id Awards ketiga akan digelar di Palembang, Sumatera Selatan pada Juli 2024 dan keempat digelar di Medan, Sumatera Utara, awal bulan ini.

(tim/fra)