Berita Nama-nama Menteri Jokowi yang Dipanggil Prabowo: Ada Bahlil & Pratikno

by


Jakarta, Pahami.id

Puluhan menteri dan wakil menteri Kabinet Indonesia Maju (KIM) di pemerintahan Joko Widodo terlihat dipanggil Presiden terpilih Prabowo Subianto ke rumah pribadinya di Jalan Kertanagara, Jakarta, Senin (14/10).

Berdasarkan pemantauan CNNIndonesia.combeberapa menteri Jokowi terlihat hadir. Mereka antara lain Menteri Sosial Saefullah Yusuf atau Gus Ipul, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Bahlil Lahadalia, dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

Lalu ada nama Wakil Menteri ATR/BPN Raja Juli Antoni, Menteri Perindustrian Agus Guniwang Kartasasmita, dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno. Lalu ada nama Menteri Kelautan dan Perikanan Wahyu Sakti Trenggono hingga Menteri BUMN Erick Thohir.


Selain menteri, ada nama Wakapolri Agus Andrianto dan Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar yang turut hadir di kediaman Prabowo kemarin. Keduanya menjabat di era Jokowi.

Hingga saat ini belum ada jawaban resmi dari Prabowo mengenai posisi apa yang akan mereka jabat di pemerintahan ke depan.

Meski demikian, Sri Mulyani membenarkan bahwa ia diminta kembali menjadi Menteri Keuangan oleh Prabowo.

Gus Ipul pun mengaku sempat membahas program Kementerian Sosial. Menurutnya, Prabowo ingin seluruh program yang diselenggarakan Kemensos tepat sasaran. Namun, dia tidak membeberkan posisi yang akan diberikan kepada Prabowo.

“Pada dasarnya Presiden Prabowo ingin semua program di Kemensos tepat sasaran. Tidak ada yang salah sasaran, sehingga sangat diperlukan konsolidasi data yang kemudian akan mengikuti petunjuk selanjutnya, tapi itu yang terpenting,” kata Gus Ipul.

Usai pemanggilan kemarin, Prabowo mengatakan calon menteri dan wakil menteri yang dipanggil menyatakan mampu menjalankan tugas membantunya di pemerintahan.

Berikut daftar menteri Jokowi yang dipanggil Prabowo ke Kertanegara:

  1. Menteri Sosial Saefullah Yusuf atau Gus Ipul
  2. Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono
  3. Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan
  4. Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Bahlil Lahadalia
  5. Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian
  6. Wakil Menteri ATR/BPN Raja Juli Antoni
  7. Menteri Perindustrian Agus Gumiwang
  8. Menteri Sekretaris Negara Pratikno
  9. Menteri Kelautan dan Perikanan Wahyu Sakti Trenggono
  10. Menteri BUMN Erick Thohir
  11. Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo
  12. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin
  13. Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto
  14. Menteri Keuangan Sri Mulyani
  15. Menteri Investasi Roesan Roslani
  16. Wakil Menteri Pertahanan Herindra

(tfq)