Berita Mulai Desember 2024 Turis Asing Bisa Wisata ke Korea Utara

by


Jakarta, Pahami.id

Korea Utara akan membuka kembali perbatasannya untuk wisatawan internasional, karena negara tersebut menutup perbatasannya secara ketat akibat pandemi Covid-19.

Agen perjalanan yang berbasis di Tiongkok, Koryo Tours, mengumumkan di situsnya pada Rabu (14/8) bahwa negara Kim Jong Un akan menyambut kembali wisatawan ke Kota Samjiyon dan “mungkin di seluruh negeri” pada Desember mendatang.


“Setelah menunggu lebih dari empat tahun untuk menyampaikan pengumuman ini, Koryo Tours sangat bersemangat untuk membuka kembali pariwisata Korea Utara,” kata Koryo Tours dalam pernyataannya, seperti dikutip Al Jazeera.

Agen perjalanan KTG Tours yang berbasis di Shenyang juga mengumumkan bahwa wisatawan kini dapat melakukan perjalanan ke Samjiyon mulai akhir tahun ini.

Sejak merebaknya Covid-19 pada tahun 2020, Pyongyang telah menutup perbatasannya untuk wisatawan. Negara yang sudah terisolasi ini semakin terisolasi dengan keputusan ini hingga pertumbuhan ekonomi Pyongyang ambruk.

Korea Utara menjadi negara dengan penutupan perbatasan terlama akibat Covid-19. Negara-negara lain telah membuka perbatasannya lebih awal untuk mengembalikan roda perekonomian ke jalurnya.

Penerbangan internasional ke dan dari Korea Utara baru dimulai tahun lalu ketika sekelompok kecil turis Rusia terbang untuk tur pribadi.

Kedatangan turis Rusia ini terjadi pada saat hubungan antara Moskow dan Pyongyang sedang baik-baik saja.

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un mengunjungi Rusia untuk bertemu Presiden Vladimir White September lalu. Pada bulan Juni, Putin menanggapi kunjungan Kim dengan pergi ke Korea Utara.

(blq/dna)