Berita MKMK Sidang Saldi Isra karena Dugaan Terafiliasi dengan PDIP

by


Jakarta, Pahami.id

Dewan Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK) menggelar sidang etik tertutup terkait dugaan adanya hubungan politik dengan hakim Saldi Isra PDIP.

Beberapa bukti dikemukakan jurnalis Andi Rahadian dari Sahabat Konstitusi. Buktinya berupa salinan berita online yang memuat pernyataan langsung DPD PDIP Sumbar terkait Isra.


Saya katakan kepada hakim konstitusi Saldi Isra, sebulan sebelum memutus perkara nomor 90 (tentang persyaratan usia calon presiden dan wakil presiden), dicalonkan sebagai wakil presiden oleh DPD PDIP Sumbar bersama Puan Puan. [Ketua DPP PDIP Puan Maharani] dan satu lagi,” kata Andi saat ditemui usai sidang di Gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Jumat (15/3).

Mengingat Mahkamah Konstitusi akan segera sidang terkait sengketa Pilpres 2024, Andi berharap kasus tersebut bisa cepat diputus.

<!–

ADVERTISEMENT

/4905536/CNN_desktop/cnn_nasional/static_detail

–>

Ia mempertanyakan apakah salah satu hakim yang memeriksa, memutus, dan mengadili sengketa Pilpres 2024 memang merupakan hakim yang diduga memiliki ikatan politik dengan suatu partai.

Dalam persidangan, Andi juga mempertanyakan pendapat Saldi Isra yang berbeda dalam putusan 90. Ia menyoroti ucapan Isra ‘quo vadis’.

Tudingan bahwa mahkamah konstitusi tersesat. Padahal, di Sapta Karsa Hutama hakim konstitusi dilarang keras mengeluarkan pernyataan yang merendahkan martabat atau harkat dan martabat mahkamah, kata Andi.

Ini bukan kali pertama Saldi Isra menghadapi masalah. Sebelumnya, MKMK sempat membahas dugaan pelanggaran etik Saldi Isra. Pernyataan itu terdaftar dengan nomor 3/MKMK/L/11/2023.

Ia digugat karena perbedaan pendapat dalam putusan Mahkamah Konstitusi nomor 90/PUU-XXI/2023.

Meski demikian, MKMK menyatakan Saldi Isra tidak melanggar kode etik dalam menyampaikan pendapat berbeda.

(lainnya/bac)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);