Berita Menko PMK Pantau Langsung Penyaluran Bantuan Beras CPP di Papua Tengah

by


Jakarta, Pahami.id

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy berharap Bantuan Pangan Beras Tabungan Pemerintah (CPP) dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat.

Hal itu disampaikan Muhadjir saat meninjau langsung pendistribusian Bantuan Pangan Beras CPP di Kantor Distrik Kamoro Jaya, Kabupaten Wania, Provinsi Papua Tengah, Selasa (6/8).

Muhadjir bahkan melihat proses pengumpulan bantuan pangan beras CPP yang dilakukan warga Kampung Kamoro Jaya.


Ia menyaksikan proses pendistribusian bantuan mulai dari proses registrasi sesuai undangan yang diterima, kemudian antri konfirmasi dan konfirmasi data penerima dari BULOG secara bergantian sesuai pesanan, hingga bantuan pangan beras CPP diterima penerima 10 kg. setiap.

Semoga bantuan ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya. Semoga bermanfaat semuanya, kata Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effedy.

Penyaluran bantuan pangan beras CPP di Provinsi Papua Tengah telah memasuki tahap III untuk periode Agustus, Oktober, dan Desember. Di Provinsi Papua Tengah terdapat 247.967 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Sementara pada penyaluran bantuan di Mukim Kamoro Jaya, sebanyak 139 KPM menerima bantuan pangan beras CPP.

Muhadjir menjelaskan, bantuan pangan beras CPP disalurkan pemerintah sebagai bantalan sosial sebagai antisipasi krisis pangan yang terjadi akibat cuaca yang tidak dapat diprediksi.
Dijelaskannya, bantuan pangan beras CPP disalurkan ke seluruh Indonesia dengan sasaran 22 juta KPM. Penyaluran bantuan pangan beras CPP akan disalurkan hingga akhir tahun 2024.

“Bantuan ini disalurkan pemerintah untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya kekurangan pangan. Pemerintah telah melakukan cadangan hingga bulan Desember,” jelasnya.

Selain itu, Menko PMK menjelaskan bahwa pemberian bantuan pangan beras CPP merupakan salah satu upaya stabilisasi pangan hulu dan hilir yang berdampak pada pemenuhan gizi dan mengurangi masalah stunting, serta menurunkan angka kemiskinan negara. tingkat inflasi.

Muhadjir juga berkesempatan berdialog dengan penerima bantuan pangan beras CPP. Ia berinteraksi dan berdialog mengenai bantuan yang diterima warga, serta berinteraksi dengan kuis wawasan Pancasila. Muhadjir juga menyempatkan diri untuk menarikan tarian tradisional Papua bersama bapak-bapak Kampung Kamoro Jaya.

Pada kesempatan itu, Menko PMK juga secara simbolis menyerahkan bantuan pangan beras CPP kepada masyarakat penerima bantuan.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Mimika, Petrus Yumte; Kepada Bapeda Mimika Yohana Pailing; Kepala Dinas Ketahanan Pangan Mimika Yulius Koga, Bupati Wania Mathius Sedan; Kepala Desa Kamoro Jaya Musdhalifah; dan Kepala Taksi. Kabupaten Bulog. Riyadi Mimikri Muslim.

(dalam)