Berita Menko Hadi Sebut ASN Juga Bisa Isi Jabatan Struktural TNI/Polri

by


Jakarta, Pahami.id

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Ayo Tjahjanto ujar jajaran Aparatur Publik Negara (ASN) dapat mengisi jabatan strategis dalam struktur TNI/Polri dalam Rancangan Peraturan Pemerintah tentang Manajemen ASN.

Hanya ASN, ASN yang bisa menduduki jabatan struktural di TNI atau Polri, kata Hadi di kantor KLHK, Jakarta, Kamis (14/3).


Saat ini Pemerintah berencana mengesahkan PP tentang Manajemen ASN. PP ini merupakan peraturan pelaksanaan revisi UU ASN yang disahkan pada tahun 2023.

Salah satu yang disoroti, aturan ini membahas tentang jabatan ASN yang bisa diisi oleh prajurit TNI dan anggota Polri, begitu pula sebaliknya.

<!–

ADVERTISEMENT

/4905536/CNN_desktop/cnn_nasional/static_detail

–>

Dalam materi yang disampaikan Menteri Pendayagunaan dan Kepegawaian Birokrasi Abdullah Azwar Anas pada Rapat Kerja Komisi II DPR, Rabu (13/3), terdapat 6 poin pokok mengenai peraturan TNI/Polri yang dapat mengisi posisi ASN. .

Beberapa di antaranya, khusus prajurit TNI dan anggota Polri yang merupakan talenta terbaik di TNI/Polri, memiliki pangkat minimal setara dengan jenjang jabatan ASN yang akan diduduki sesuai persetujuan menteri dan berusia maksimal satu tahun. sebelum batas usia pensiun TNI/Polri.

Kemudian, prajurit TNI dan anggota Polri yang menduduki jabatan ASN di instansi pusat tidak bisa beralih status menjadi ASN.

Azwar menegaskan, pembahasan rancangan PP Manajemen ASN sudah mendekati tahap akhir. Menurut dia, isi aturan tersebut sudah terpenuhi 100 persen dan PP tersebut ditargetkan terbit pada akhir April 2024.

“RPP ini harus transformatif dan tentunya dilaksanakan di lapangan sesuai arahan Presiden,” kata Anas dalam keterangan tertulisnya, Selasa (12/3).

(mnf/anak)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);