Berita Media Korut Beri Isyarat Putri Kim Jong Un Jadi Penerus, Apa Itu?

by


Jakarta, Pahami.id

Media pemerintah Korea Utara memberikan beberapa petunjuk yang semakin memperkuat ramalan putri pemimpin tertinggi itu Kim Jong Un akan menjadi penerus rezim ayahnya.

Kantor berita Korea Utara, KCNAVersi bahasa Inggris dan Korea merilis sejumlah foto Kim Jong Un dan putrinya, Kim Ju Ae, mengunjungi rumah kaca di Pyongyang pada Sabtu (16/3).


Dalam artikelnya, KCNA menilai Kim Ju Ae sebagai “orang hebat yang mengajar” atau “hyangdo” yang artinya panduan dalam bahasa Korea.

“Mentor hebat tersebut, bersama dengan kader Partai, pemerintah dan militer, mengunjungi pertanian tersebut,” kata laporan berbahasa Inggris tersebut. KCNA yang.

Menurut beberapa analis politik Korea Utara, istilah “orang hebat yang memberikan bimbingan hebat” biasanya digunakan oleh orang-orang di negara terpencil tersebut untuk menggambarkan para pemimpin senior.

Para analis mengatakan ini pertama kalinya putri Kim Jong Un diperlakukan seperti ini oleh media Korea Utara.

Bahkan, gadis remaja itu sudah beberapa kali tampil bersama ayahnya di acara-acara penting kenegaraan.

“Ini adalah ekspresi pertama dalam mengangkat Kim Ju Ae ke pangkat pemimpin,” kata Yang Moo Jin, presiden Universitas Studi Korea Utara di Seoul, kepada AFP.

Direktur Pusat Strategi Semenanjung Korea di Sejong Institute, Cheong Seong Chang, pun mengutarakan istilah tersebut hyangdo sejauh ini hanya diterapkan pada “pemimpin tertinggi atau penerus” rezim Korea Utara.

“Tingkat pemujaan pribadi terhadap Kim Ju Ae sangat menunjukkan bahwa dia akan menggantikan Kim Jong Un sebagai pemimpin Korea Utara berikutnya,” tambah Cheong.

Kim Jung Ae pertama kali muncul ke publik pada tahun 2022. Saat itu, ia menemani ayahnya melihat uji coba rudal balistik antarbenua Korea Utara.

Sejak itu, ia terlihat di banyak acara resmi ayahnya, termasuk latihan militer, kunjungan ke pabrik senjata, singgah di peternakan ayam baru, dan parade militer.

Dalam gambar yang dirilis Pyongyang hari ini, Kim Ju Ae terlihat menggunakan teropong untuk mengamati pelatihan pasukan terjun payung baru-baru ini.

Dalam foto tersebut, Kim Ju Ae terlihat berdiri di samping ayahnya dan perwira senior militer Korea Utara lainnya.

Sebelum tahun 2022, satu-satunya konfirmasi keberadaannya datang dari mantan bintang NBA Dennis Rodman, yang mengunjungi Korea Utara pada tahun 2013 dan mengaku pernah bertemu dengan bayi perempuan Kim Jong Un, Ju Ae.

Seoul awalnya menyatakan bahwa Kim dan istrinya Ri Sol Ju memiliki anak pertama mereka, laki-laki, pada tahun 2010, dan Ju Ae adalah anak kedua.

Namun tahun lalu, Menteri Unifikasi Korea Selatan mengatakan pemerintah “tidak dapat memastikan secara pasti” apakah Kim Jong Un benar-benar memiliki seorang putra atau tidak.

(rds)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);