Berita Media Asing Soroti Kaesang Sambangi KPK soal Isu Jet Pribadi

by


Jakarta, Pahami.id

Sejumlah media asing menyoroti sepak terjang Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang juga putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut. Kaesang Pangarepyang mengunjungi Komisi Pemberantasan Korupsi (Komisi Pemberantasan Korupsi) pada Selasa (17/9).

Kehadiran Kaesang di KPK menyedot perhatian di tengah isu rasa puas diri, menyusul jet pribadi yang ia dan istri bawa ke Amerika Serikat.


Media Singapura, Selat Timesmengabarkan kedatangan Kaesang ke KPK untuk menjelaskan dugaan suap terkait jet pribadi tersebut.

The Straits Times mengutip Kaesang yang mengatakan bahwa dia dan istrinya hanya “naik” jet pribadi temannya.


Kaesang Pangarep, putra bungsu Presiden Joko Widodo, membantah klaim kepuasannya menyusul penggunaan jet pribadi dalam perjalanan ke luar negeri baru-baru ini, tulis The Straits Times.

media Amerika, Bloombergjuga memberitakan kunjungan Kaesang ke KPK dalam artikel berjudul “Anak Jokowi Bela Penggunaan Jet Pribadi di Depan Badan Pemberantasan Korupsi”.

Bloomberg menulis, putra bungsu Jokowi mengunjungi Komisi Pemberantasan Korupsi setelah menjadi perbincangan, saat ia berada di pesawat jet pribadi saat masyarakat Indonesia melakukan demonstrasi massal terkait UU Pilkada. Aksi unjuk rasa ini sendiri disebut berhasil membuat Kaesang tidak bisa maju sebagai pemimpin daerah.

Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) sebelumnya mengusulkan perubahan batasan usia minimal calon kepala daerah yang bisa memberi jalan kepada Kaesang untuk mencalonkan diri.

“Kaesang mendatangi KPK pada Selasa untuk menjelaskan bahwa awalnya dia berencana menggunakan pesawat komersial untuk berangkat ke Amerika pada Agustus, namun akhirnya memutuskan untuk berangkat bersama temannya,” tulis Bloomberg.

media Malaysia, Bintangjuga melaporkan kunjungan Kaesang ke KPK. Dalam artikel bertajuk “Anak Jokowi Kaesang Masuk Komisi Pemberantasan Korupsi untuk Jelaskan Perjalanan Jet Pribadi”, The Star menyebut Ketum PSI mendatangi KPK untuk meluruskan persoalan dirinya menggunakan jet pribadi.

The Star menyoroti pernyataan Kaesang yang menyebut jet pribadi itu milik temannya, yang ia gunakan untuk mempersiapkan istrinya, Erina Gudono, untuk meraih gelar master di University of Pennsylvania di Philadelphia.

The Star juga mengutip pernyataan Komisi Pemberantasan Korupsi yang menjelaskan bahwa Kaesang telah mengisi formulir penerimaan hadiah di lembaga antirasuah tersebut dan dimintai keterangan terkait kronologis kejadian serta statusnya sebagai anak pejabat.

Kaesang dan istrinya, Erina, menjadi perbincangan publik setelah ketahuan menggunakan jet pribadi untuk bepergian ke AS. Orang-orang percaya ada klaim kepuasan selama perjalanan.

Kehebohan tersebut bermula setelah Erina mengunggah gambar jendela pesawat berbentuk oval di akun Instagram @erinagudono miliknya. Netizen memperhatikan bahwa gambar tersebut adalah jendela jet pribadi, yang berbeda dengan pesawat komersial.

Beberapa pihak kemudian berasumsi bahwa Kaesang menggunakan jet pribadi Gulfstream G650E milik Garena, perusahaan asal Singapura.

(blq/dna)